"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

100 Alkitab untuk Remaja dan Naposo HKBP Ressort Angkola


Minggu (7/7), Departemen Marturia melakukan kunjungan pastoral ke HKBP Dame Ressort Angkola Distrik II Silindung. HKBP Dame terletak di kecamatan purbatua, kabupaten Tapanuli Utara. HKBP Dame melayani 70 kepala keluarga yang memilki penghasilan dari pertanian dan perkebunan. Kunjungan Kadep Marturia HKBP dalam rangka ibadah minggu biasa dan melayani ibadah minggu untuk menyampaikan firman Allah. Kunjungan ini sedikit berbeda dengan kunjungan yang biasanya, sebab pada minggu ini ibu kadep memberikan 100 buah Alkitab kepada naposo bulung dan remaja. Pemberian Alkitab ini merupakah salah satu realisasi program yang telah direncanakan jauh-jauh hari. Pada awalnya, bapak Pdt. Japaris Nainggolan meminta kepada ibu kadep Alkitab untuk generasi muda sebanyak 200 buah, pada bulan april yang lalu.

Setelah beberapa hari berlalu dari kunjungan ibu kadep ke Angkola, Departemen Marturia meminta bantua kepada YASUMA untuk pengadaan Alkitab kepada gereja yang masih belum mampu. Setelah bantuan dikirim, tidak lama lagi dilangsungkan penyerahan pada tanggal 7 juli ini. Tujuan pemberian Alkitab ini agar jemaat secara khusus remaja naposo bulung semakin giat dan cinta akan firman Allah. Tidak sedikit lagi generasi muda yang malas dan cuek akan firman Allah. Handphone lebih penting dibandingkan dengan Firman Allah, pesertasi hubungan juga sangat jauh sekali, hal jelas dilihat dari sudut fungsinya. Handphone dibandingkan dengan Alkitab. Hampir setiap menit dan jam kita membuka handphone, sedangkan alkitab? Belum te tu dapat dilaksanakan tiga kali sehari. Itulah, mengapa pentingnya pemberian Alkitab? Inilah dasar mendorong banyak generasi muda mau membaca alkitab, serta melakukannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Penerima Alkitab diwakili oleh gereja-gereja yang datang, seperti HKBP Janji Angkola, HKBP Dame dan HKBP Lobuharambir. Alkitab diserahkan langsung oleh ibu kadep, yang disaksikan oleh seleuruh jemaat. Acara pemberian ini dilakukan diacara ibadah minggu, tepatnya setelah pemcaan warta jemaat. Sebelum warta jemaat ada lagu persembahan dari jemaat dan juga dari tamu pada minggu ini. Tamu gereja saat ini adalah Naposo Bulung HKBP Janji Angkola Ressort Janji Angkola. Persembahan lagu pujian dari Buku Naposo bulung HKBP Janji Angkola menggunakan alat musik tradisional yaitu  tagading.

Sebelum ibu kadep menjelasakan khotbah yang tertulis dari Kis 17:22-30, ibu kadep seperti  biasa menjelaskan pelayanan Departemen Marturia yang diurai dalam dua biro, yaitu biro zending HKBP dan biro Ibadah Musik HKBP. dalam khotbah ibu kadep menjelaskan bahwa banyak di dalam hidup kita ini yang membuat kita terbebani, tetapi sehebat apapun beban itu kita memiliki Allah yang mampu menyelamatkan kita dari segala beban tersebut. Di jaman ini, memang sudah banyak beban yang tidak datang secara langsung, tetapi kita dituntut untuk bertahan dari segala tantangan tersebut. Modal utama kita dalam melawan tantangan hidup adalah iman percaya kita kepada Tuhan yang dibangun melalui pemahaman akan firman Allah. Itulah fungsi pemberian 100 Alkitab kepada remaja dan naposo sebagai dasar yang baik untuk mempersiapkan generasai saat ini.

Setelah ibadah minggu selesai rombongan ibu kadep dijamu makan bersama dirumah jemaat/sintua HKBP Dame, yaitu dirumah bapak St. Panggabean/Silitonga. Makan siang diimbangi diskusi ringan/hangat tentang seputaran pelayanan gereja. Apalagi, pembahasan gereja ada sampai saat ini masih lambat pertumbuhannya. Tetapi secara umum, jemaat dan parhaldo sangat senang atas perhatian dan sumbangan yang dbawa oleh kepala Departemen Marturia HKBP. Kiranya melalui kunjungan dan penyerahan Alkitab diminggu ini membawa perubahan yang positif bagi jemaat dan lingkungannya.



Pustaka Digital