"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

150 KK Warga HKBP Siandorandor Doakan Pemimpin Negeri & Gereja


HKBP.or.id - Minggu (13/6/2021). Berjarak 11 km dari pusat Kota Tarutung, HKBP Siandorandor Ressort Parbubu sudah berdiri sejak tahun 1902. Di gereja yang warganya berjumlah 150 KK inilah Ephorus HKBP menyampaikan Firman Tuhan, yang tertulis di Mazmur 20:1-10. 

Mengawali khotbahnya, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mengisahkan suatu diskusi dengan seorang rekan di waktu lampau mengenai doa. Rekan diskusi itu berpendapat bahwa tugas pendetalah mendoakan warga jemaatnya. 

Meresponi pendapat tersebut, Ephorus mengatakan, "Tidak cukup hanya itu. Pendeta juga harus didoakan oleh warganya." 


Ephorus mencontohkan, bahwa dalam pelayanannya, Rasul Paulus berkali-kali memohon agar warga yang ia layani turut mendoakannya. Demikian juga pemazmur dalam khotbah hari ini. Pemazmur mendoakan pemimpin negeri. 

"Doakanlah para pemimpin, agar mereka tidak mengandalkan kekuatannya, tapi mengandalkan Tuhan", tegasnya. 

Ia juga mengingatkan warga jemaat yang mayoritas penenun dan petani ini untuk mendoakan kepala Desa, dan seluruh pemimpin negeri. Sehingga mereka memimpin dengan baik untuk kesejahteraan warga desa. 

Diakhir khotbahnya, Ephorus juga mengajak seluruh anggota keluarga untuk saling mendoakan satu sama lain. 

"Suami harus mendoakan istrinya. Istri harus mendoakan suaminya. Orangtua harua mendoakan anaknya. Anak harus mendoakan orangtua. Kiranya Tuhan menjawab seruan kita," pungkasnya. 


Gereja yang sudah berusia 119 tahun ini dilayani oleh seorang calon pendeta, bersama 7 orang penatua.