"Ai gok di Ho do ale Jahowa hatimbulon dohot hagogoon dohot hamuliaon dohot hatongamon dohot pujipujian; gok di Ho tahe nang saluhut na di banua ginjang dohot na di tano on. Gok di Ho do ale Jahowa harajaon, jala dipatimbul Ho diriM di atas ni saluhut na marjujungan.

Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala."

1 Kronika 29 : 11

Berita dari Serambi Mekah, HKBP Banda Aceh

HKBP Banda Aceh adalah satu-satunya Resort HKBP yang berada di Provinsi Banda Aceh atau dengan sebutan Serambi Mekah. HKBP Resort Banda Aceh saat ini dipimpin oleh Pdt. Rohara Panjaitan, S. Th, M. Si dan melayani bersama dengan Bibelvrouw Elfrida br. Manurung.



HKBP Resort Banda Aceh memiliki satu jemaat cabang dengan nama HKBP Sabang yang terletak di daerah paling ujung wilayah Indonesia, dan saat ini dipimpin oleh St. D. br. Pandiangan.

Informasi yang disampaikan oleh Pdt. Rohara Panjaitan, Senin (22/11/2021), HKBP Banda Aceh sudah berdiri sejak tahun 1942 dan pada tanggal 25 Desember 2021 akan merayakan ulang tahun yang ke-79. HKBP Resort Banda Aceh saat ini dilayani 8 orang Sintua yang terdiri enam Sintua laki-laki dan dua Sintua perempuan.

Seturut dengan hasil wawancara dengan Pdt. Rohara tentang Syariat Islam, beliau menyampaikan bahwa Syariat Islam diberlakukan untuk kaum Muslim, dan peribadahan di Gereja sejauh ini aman-aman saja. Anak-anak di Sekolah Negeri tidak diharuskan memakai hijab, hanya sebagian siswi yang memakai hijab untuk menghargai Syariat Islam. Demikian halnya dengan Guru/PNS yang tidak diwajibkan memakai hijab. 



Tentang pelaksanaan perayaan Natal yang waktunya sudah dekat, Pdt. Rohara menjelaskan bahwa menjelang hari Natal hingga awal Januari, peribadahan akan dijaga oleh Polisi bersama TNI secara bergantian. Jumlah personel sekitar 5 sampai 7 orang setiap harinya. Belum lama ini, gedung Gereja dan rumah dinas Pendeta baru dicat dengan nuansa biru hasil bantuan karya bhakti TNI AU Banda Aceh dengan menggunakan cat hasil sumbangan warga jemaat HKBP Banda Aceh.

(P. Sam – B’TIK)