"Laos didok ma tu nasida: “Boasa songon i biar rohamuna? Dia do umbahen soada haporseaon di hamu?”

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?""

Markus 4:40

Berkhotbah di GMIST, Sekjend HKBP Ajak Jemaat untuk Mengenal Allah Sang Pemelihara Kehidupan

SANGIHE, hkbp.or.id - Mengakhiri rangkaian sidang MPL PGI di Sangihe, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan berkesempatan beribadah Minggu dan berkhotbah di Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) Malunsemahe di Tahuna, Kab Sangihe, Sulawesi Utara (30/1/2022). Sinode GMIST sendiri telah berusia 164 tahun (lebih tua dari HKBP).

Penduduk Pulau Sangihe sekitar 200.000 jiwa dan 80% beragama Kristen. Jemaat GMIST Malunsemahe sendiri dilayani oleh Pdt Raden yang adalah putera daerah.


Nats khotbah Minggu di GMIST diambil dari Kitab Mazmur 44:1-9. Pdt. Tinambunan menekankan bahwa Allah yang memelihara umat Israel di masa lalu adalah Allah yang sama yang memelihara kita hingga hari ini. "Berdasarkan Firman Tuhan ini kita merenungkan dan menghidupi sedikitnya dua hal:

1. Mengenal Allah dengan benar dan mengakui karya-Nya dari dulu hingga sekarang.

2. Menyambut serta merespons kebaikan dan karya-Nya dengan sukacita dan syukur," ungkap Pdt. Tinambunan.

Ibadah GMIST sangat "hidup" dengan alunan musik dan lagu-lagu pujian yang girang.

Turut dalam ibadah, Kadis Perikanan, Bapak Ronald Ishak dan Ibu mendampingi Sekjend HKBP sekaligus Ketum PGIW Sumatera Utara.

Sebanyak 50 orang anggota MPL PGI yang hadir langsung di Sangihe berkesempatan beribadah dan melakukan pelayanan khotbah di gereja-gereja yang ada di Tahuna, yang pada umumnya adalah GMIST (salah satu anggota PGI).


Seusai ibadah, warga jemaat GMIST Malunsemahe dengan sukacita menjamu Pdt. Tinambunan untuk makan siang bersama dengan menu ikan laut segar khas Sangihe.



Pustaka Digital