"Laos didok ma tu nasida: “Boasa songon i biar rohamuna? Dia do umbahen soada haporseaon di hamu?”

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?""

Markus 4:40

Biro Jemaat dan Balitbang HKBP Adakan Seri Pelatihan Pengelolaan Database


Pearaja, Tarutung - (16/3/2021) Biro Jemaat dan Balitbang berkolaborasi dalam mewujudkan pengembangan sistem “Big Data HKBP” sesuai dengan keputusan Rapat MPS 2020-2024 mengenai sosialisasi pengisian dan peremajaan data warga jemaat. Adapun bentuk kolaborasi antara Biro Jemaat dan Balitbang, yakni mengadakan seri pelatihan pengelolaan database HKBP kepada para pelayan, baik full timer maupun non-full timer, admin gereja, dan juga para calon pelayan. Kegiatan ini sendiri merupakan bagian dari kegiatan mandiri sebagai bentuk kolaborasi antara Biro Jemaat dan Balitbang. Adapun tujuan dari seri pelatihan ini adalah untuk mendukung pemberdayaan dan peserta terampil dalam mengelola database HKBP, baik data ruas, warta jemaat, keuangan, berich, dsb.  

     

Sejauh ini, seri pelatihan pengelolaan database HKBP sudah dilaksanakan sebanyak dua kali dan dilakukan secara virtual. Seri perdana pelatihan pengelolaan database telah diadakan pada Jumat, 5 Maret 2021 yang lalu. Acara dibuka oleh Kepala Balitbang Pdt. Dr. John Kristo Naibaho dan Kepala Biro Jemaat Pdt. Tumpak Siahaan, S.Th, namun diwakilkan oleh Wakabiro Jemaat Pdt. Berton Hutapea, S.Th. Seri perdana Pelatihan Pengelolaan Database HKBP dilatih oleh Sekretaris Balitbang Pdt. Herman Nainggolan, M.Th dan diikuti sekitar 40 peserta.

Sedangkan seri kedua Pelatihan Pengelolaan Database HKBP telah diadakan pada Jumat, 12 Maret 2021 dan dilatih oleh C.Pdt Ferdinand Hutabarat, S.Si (Teol) dan staf Biro Jemaat, Togu Sitanggang. Seri kedua pelatihan pengelolaan database ini juga diikuti oleh sekitar 40 peserta. 

 

Kedua seri Pelatihan Pengelolaan Database HKBP mendapatkan respon positif dan dapat membantu para pelayan untuk terampil dalam mengupdate database jemaat. Oleh karena itu seri ketiga Pelatihan Pengelolaan Database HKBP akan diadakan kembali pada hari Jumat, 19 Maret 2021. Dihimbau kepada para pelayan, baik full timer atau non full timer, serta para calon pelayan yang tertarik untuk mengikuti seri pelatihan tersebut untuk mendaftarkan diri melalui link berikut; https://forms.gle/U5qyNhvUstHHGyaNA


Dengan adanya kolaborasi seri Pelatihan Pengelolaan Database HKBP ini diharapkan dapat membantu terwujudnya pengembangan Big Data HKBP yang maksimal.   

Pustaka Digital