"Laos didok ma tu nasida: “Boasa songon i biar rohamuna? Dia do umbahen soada haporseaon di hamu?”

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?""

Markus 4:40

Biro SMIRNA HKBP Adakan Seminar Lingkungan Hidup dan Penanaman Pohon Sambut Hari Bumi



Jumat (23/4/21), bertempat di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Pearaja Tarutung, Sumatera Utara, Biro Sekolah Minggu, Remaja dan Naposo (SMIRNA) HKBP menyambut perayaan Hari Bumi dengan menyelenggarakan Seminar Lingkungan Hidup dan Penanaman Pohon secara semi virtual yang secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST. Adapun peserta kegiatan ini dihadiri oleh 169 orang secara virtual yang berasal dari 32 Distrik, dan 49 orang hadir secara on site, perwakilan 15 Distrik dari 17 Distrik yang diundang di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Pearaja Tarutung, Sumatera Utara.



Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini diawali dengan ibadah yang dilayani oleh Pdt. Eden Siahaan, S.Th., M.M., Kepala Biro Ibadah HKBP. Dalam khotbahnya, Pdt. Eden mengingatkan bahwa setiap naposo dan remaja adalah orang-orang yang dipilih untuk menghasilkan buah sebagaimana yang tertulis dalam Yohanes 15:16.


“Apa yang dilakukan oleh Allah dalam penciptaan dilakukan dengan evaluasi setiap kali Allah menciptakannya, yaitu bahwa semuanya itu baik. Oleh karena itu, apa yang sudah diciptakan Allah adalah baik. Karena itu kita harus memelihara apa yang telah diciptakan oleh Allah secara baik,” ucap Pdt. Eden.



Seusai ibadah dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Sekjend HKBP, Pdt. Victor Tinambunan, yang dimoderasi oleh Pdt. Indra Manurung, S.Th., Pendeta Ressort HKBP Pardomuan Silangkitang. Dalam paparannya, Pdt. Victor mengajak agar seluruh naposobulung yang hadir memelihara lingkungan hidup dan mengurangi pemakaian benda-benda yang sulit diurai seperti plastik.



Sesi kedua kemudian dilanjutkan dengan pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga dengan tema “Pemuda HKBP Bergerak Merawat Lingkungan Hidup” yang dimoderasi oleh Pdt. Herwin Simarmata, M.Th., Kepala Biro Ama-Lansia HKBP.





Setelah sesi kedua disampaikan, seminar dilanjutkan dengan pemaparan yang disampaikan oleh Ibu Irma Riana Simanjuntak, selaku perwakilan UEM Regional Asia melalui ruang virtual dengan dimoderasi oleh Pdt. Sondang Napitupulu, M.Th., Kepala Biro Oikumene HKBP.


Seluruh sesi berjalan dengan baik dan hangat karena partisipasi peserta seminar yang terdiri dari berbagai naposobulung distrik di Sumatera Utara yang hadir secara on site maupun yang hadir secara virtual terlibat aktif dalam diskusi.





Acara seminar lalu berakhir pada pukul 13.15 WIB. Peserta kemudian melakukan break sejenak untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan penanaman bibit pohon di Desa Sitakka, Pearaja, Tarutung dan di Perkampungan Pemuda Jetun Silangit.





Kendati lokasi penanaman pohon di perbukitan cukup sulit ditempuh, namun hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta Seminar Pemuda, begitu juga semangat Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Deonal dan para kepala biro yang mengikuti kegiatan ini, di antaranya ialah Kepala Biro SMIRNA, Pdt. Toho Sinaga, Kepala Biro Oikumene, Pdt. Sondang Napitupulu, Kepala Biro Ama-Lansia, Pdt. Herwin Simarmata, dan para staf kantor pusat lainnya, seperti Pdt. Chris Sianturi, Staf Biro Oikumene, Pdt. Lybina Butarbutar, Staf Sekretaris Mitra, Pdt. Togu Nababan dan C.Pdt. Monang sagala, Staf Biro SMIRNA, C.Pdt. Septian Napitupulu dan C.Pdt. Cintya Pardede, Staf Biro TIK.



Kegiatan penanaman pohon di Desa Sitakka juga sangat disambut baik oleh warga jemaat HKBP Bethesda Sitakka, hal ini ditunjukkan dengan kehadiran mereka yang turut bersama-sama dengan rombongan naposobulung untuk menanam bibit pohon. Dalam kesempatan ini juga berlangsung ramah tamah antara rombongan peserta dan panitia Seminar Pemuda dengan jemaat HKBP Sitakka di Gedung HKBP Sitakka yang dipimpin oleh pimpinan HKBP Sitakka, C.Pdt. Haposan Sinaga.



Sebagaimana disebutkan sebelumnya, penanaman bibit pohon juga dilakukan di Perkampungan Pemuda Jetun Silangit. Kepala Departemen Koinonia dan seluruh rombongan Seminar Pemuda disambut oleh Pdt. Agus Manullang selaku Pimpinan Jetun Silangit, dan oleh Pdt. Marjabat Panjaitan, Pdt. Darman Samosir, Pdt. Yudhi Simangunsong, Pdt. Nico Simamora, dan Gr. Maripul Simanungkalit. Penanaman bibit pohon di Jetun menjadi penutup seluruh rangkaian Seminar Pemuda pada hari itu. Acara secara resmi ditutup dalam ibadah yang kembali dilayani oleh Pdt. Eden Siahaan dan berakhir pada pukul 18.00 WIB. (B.TIK)













Pustaka Digital