Buku Reposisi Pekabaran Injil Dilaunching

Buku ini Menjadi Pengantar dan Pengarah Program HKBP 2020: Orientasi Pelayanan Pekabaran Injil (Zending) HKBP



Komisaris Utama Penerbit BPK Gunung Mulia Satyo L. Hadisaputro dengan apresiasi tinggi menyerahkan Buku berjudul Reposisi Pekabaran Injil terbitan BPK Gunung Mulia Tahun 2019 kepada Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing sebagai penulis buku tersebut, dalam acara Seminar Sehari Perayaan 100 Tahun Penginjilan HKBP di Jakarta/Pulau Jawa bertempat di Gedung Sopo Marpingkir HKBP, 04/10/19.

Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing mengungkapkan pentingnya buku ini dalam sambutannya. Reposisi Pekabaran Injil adalah suatu upaya mencari dan menemukan metode Pekabaran Injil yang relevan, aktual, dan tepat guna masa kini. Sebagaimana dikatakan penulis Ibrani “Allah telah berulang kali dan berbagai cara” memberitakan FirmanNya – demikian pula Gereja berusaha menemukan metode yang relevan dan aktual memberitakan Injil dalam konteks kehidupan masa kini, sehingga Berita Injil itu semakin berbuah, berkembang, dan menjadi pola hidup, karakter, dan perilaku umat manusia, kata Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing.

Betapa pun sulitnya, sesulit bangsa Israel menyanyikan lagu pujian di tengah bangsa yang menawan mereka (Mzm. 137: 4), Gereja harus berusaha memberitakan Injil Kristus. Gereja harus mencari metode bagaimana Israel menjawab pergumulannya: “Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di tengah orang asing yang menawan kita?”. Dengan demikian gereja semakin bertumbuh, berbuah, dan berkembang dalam tataran lokal maupun universal, tambah Ephorus.


Launching buku ini berlangsung usai ibadah pembukaan Seminar Sehari 100 Tahun Penginjilan HKBP di Pulau Jawa yang dilayani Praeses Pdt. Banner Siburian, M.Th sebagai liturgist dan KRP HKBP Pdt. Dr. Robin Butarbutar sebagai pengkhotbah. Launching tersebut berlangsung cukup singkat yang diakomodir Panitia Pdt. Maulinus Siregar, S.Th. Turut hadir, Ketua Umum Panitia Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, Unsur Pimpinan HKBP, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. David Farel Sibuea, M.Th, D.Min, Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Dr. Martongo Sitinjak, Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt. Dr. Anna Vera Pangaribuan, Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt. Debora P. Sinaga, M.Th, KRP HKBP Pdt. Dr. Robin Butarbutar, Perwakilan Praeses DKI Jakarta Pdt. Hardy Lumbantobing, Perwakilan Para Praeses Pdt. Banner Siburian, M.Th, dan disaksikan seluruh undangan dan jemaat.

Dr. Nurdin Tampubolon, MM mengatakan dalam sambutannya, kita patut apresiasi perhatian yang serius untuk HKBP ini dimana di tengah kesibukan dan padatnya pelayanan, Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing memberikan waktu untuk menuangkan pikiran, ulasan teologi sekaligus analisis untuk membangun HKBP dalam hal ini tentang pelayanan Pekabaran Injil.


Dalam periode menjabat sebagai Ephorus HKBP, Ompu i telah menghasilkan karya dua buku berkualitas, satu diantaranya Buku berjudul Tumbuh Lokal Berbuah Universal, dan sekarang Buku berjudul Reposisi Pekabaran Injil, selain buku dan ulasan lainnya. Tentu ini menjadi kebanggaan bagi HKBP, dimana Ompu i membukukan dasar – dasar program gereja HKBP secara teologis dalam bingkai revitalisasi, kata Nurdin Tampubolon.

Buku ini menjadi pengantar dan pengarah program HKBP untuk tahun 2020 yang akan datang yaitu “Orientasi Pelayanan Pekabaran Injil (Zending) HKBP”. (KE)

Pustaka Digital