"Martua ma hamu angka na male nuaeng, ai sipabosuron do hamu. Martua ma hamu angka na tangis nuaeng, ai mengkel ma hamu muse.

Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini lapar, karena kamu akan dipuaskan. Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini menangis, karena kamu akan tertawa."

Lukas 6:21

Calon Kepala Sekolah SMA Kampus UHN Diuji Ketat

Tranformasi yang digaungkan dan dikerjakan oleh Pimpinan HKBP saat ini meliputi seluruh aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu cara yang ditetapkan Pimpinan HKBP adalah bahwa perekrutan pemimpin di lembaga-lembaga yang di bawah naungan Yayasan HKBP harus melewati seleksi dan ujian. 

Saat ini, SMA Kampus UHN di Pematangsiantar membutuhkan Kepala Sekolah Baru. Tetapi Orang-orang yang berkeinginan tersebut harus mengikuti proses sebagaimana persyaratan yang ditetapkan oleh Pengurus Yayasan. 


Dari 11 orang yang mendaftar, hanya tiga orang calon Kepala Sekolah yang lolos untuk tahap akhir penyeleksian, yaitu Lucy M.Pd, Paianhot Sitanggang, M.Si dan Rudi Hartono Harianja. Pendaftaran dimulai sejak 8 Maret 2021 dan seleksi akhir diadakan pada Jumat (8/5/2021) di Gedung Oval Kantor Pusat HKBP, Pearaja Tarutung.


Di seleksi akhir tersebut, kelima Pimpinan HKBP mengajukan berbagai pertanyaan kepada tiga calon Kepala Sekolah secara bergantian. Muatan pertanyaan yang disampaikan adalah meliputi apa yang akan dilakukan sebagai Kepala Sekolah, dan bagaimana mengerjakannya. Dilanjutkan dengan pertanyaan mengenai filosofi pendidikan yang dianut dan target yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu, demi terwujudnya SMA Kampus Universitas HKBP Nommensen (UHN) yang berkualitas unggul

Pertanyaan-pertanyaan yang cukup berat itu muncul, karena berangkat dari pergumulan pembina dan pengurus Yayasan mengenai 9 potret kekinian SMA Kampus UHN, yaitu rendahnya SDM SMA Kampus berdasarkan hasil Uji Kompetensi Nasional 2016 & 2017, fasilitas gedung sangat memprihatinkan, minat masyarakat menurun, promosi sekolah masih sangat konvensional, managerial skill kurang produktif, input siswa biasa-biasa saja, NEM siswa di bawah rata-rata, daya saing dengan SMA unggulan sangat sulit, serta jumlah siswa yang sangat sedikit. 

Pimpinan HKBP yang hadir di Gedung Oval adalah, Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, dan Kepala Departemen Marturia, Pdt. Kardi Simanjuntak, M.Min. Turut hadir Sekretaris Yayasan UHN, St. Dr. Hilman Pardede, Bendahara Harian Yayasan UHN, St. Ir. Simson Tampubolon, M.M., Kabiro Sekretariat & Personalia, Hodner Lumbantoruan. Sedangkan Ketua Yayasan UHN, Budi Situmorang dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora P. Sinaga, M.Th hadir dengan virtual (SKE)