"Dungi ninna Jahowa ma: “Ingkon bohingKu donganmu mardalan, asa Hutogihon ho tu hasonangan.”

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”"

Musa 33 : 14

Dari Silalahi, Ephorus Berpesan: Pujilah Tuhan dalam kondisi apa pun

Silahi Sabungan, HKBP.or.id - "Pujilah Tuhan! Bernyanyilah bagi-Nya. Ia telah menyelamatkan hidup kita di dalam Yesus Kristus. Bahkan Ia senantiasa menyertai hidup kita di sepanjang zaman menghadapi setiap kesulitan melalui Roh-Nya yang Kudus itu", sebut Ephorus merefleksikan khotbah Minggu Kantate yang tertulis di Keluaran 15:19-21.

Hal tersebut ia sampaikan pada Kebaktian Minggu 15 Mei 2022 saat melayani pemberitaan firman di HKBP Silalahi Resort Silalahi.


Mengawali pemberitaan firman, Ephorus menyebutkan bahwa manusia secara umum sudah terbiasa mengekspresikan isi hatinya dengan bernyanyi. Dan tiap nyanyian itu memiliki alamat tujuan, seperti nyanyian kepada orang tua, anak, kekasih, bahkan alam ciptaan. Khusus bagi orang percaya, tentu alamat nyanyiannya adalah Tuhan.

Ephorus menambahkan, di tengah kesulitan hidup yang semakin menghimpit, bisa jadi membuat manusia lupa memuji Tuhan. Bahkan, lebih parahnya bisa menyangkal atau mempertanyakan keberadaan Tuhan. Namun, di satu sisi, manusia juga sering terjatuh kepada memuji diri sendiri ketika berada di puncak kesuksesan hidup. Manusia sering lupa bahwa Tuhan yang menopang dan menolongnya. 


Firman Tuhan pada hari Minggu Kantate ini turut mengajak setiap orang percaya untuk mengarahkan seluruh puji-pujiannya hanya kepada Tuhan. Seperti Miryam, yang menyaksikan kemahaluarbiasaan Tuhan Allah menyelamatkan mereka dari kejaran prajurit Firaun, dengan membelah laut bagi jalan mereka bangsa Israel.

Seusai kebaktian minggu, dilaksanakan ramah tamah sembari duduk di tikar. Dalam ramah tamah tersebut warga jemaat dan majelis menyampaikan apresiasi atas kunjungan pastoral Ephorus yang tak mereka duga sebelumnya. Mengakhiri kunjungannya, Ephorus berpesan kepada seluruh warga jemaat yang dipimpin Pdt. Sustanto Silalahi ini untuk mempersiapkan diri menyongsong Danau Toba Destinasi Pariwisata Super Prioritas, yang sedang dipersiapkan oleh pemerintah.


Sesaat sebelum pulang, HKBP Silalahi bergantian membuat kejutan kepada Ephorus. Mereka mengumpulkan spontanitas Rp 5juta untuk dana pensiun HKBP. (SKE_JFS)



Pustaka Digital