"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

Departemen Koinonia-Biro SMIRNA HKBP Memberdayakan Guru Sekolah Minggu HKBP Distrik XXIX Deli Serdang

 

Jumat (09 Juli 2021), HKBP Distrik XXIX Deli Serdang yang dipimpin oleh Praeses Pdt. Horas Purba, M.Th melaksanakan program pemberdayaan kepada guru Sekolah Minggu bertempat di Pantai Pondok Permai Pantai Cermin, Serdang Bedagai, bekerjasama dengan mengundang Departemen Koinonia-Biro SMIRNA HKBP. Kegiatan dibuka dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Boyntri Sitohang, M.Th dan dibuka oleh Praeses Pdt. Horas.


Sebagai narasumber pada pemberdayaan ini yakni Pdt. Toho Sinaga, S.Th., M.I.Kom. (Kepala Biro SMIRNA HKBP) yang mempresentasikan tentang Tugas dan Panggilan guru Sekolah Minggu, Memahami tentang Susunan Agenda Sekolah Minggu, dan Mengajar Sekolah Minggu Berbasis Psikologi. Kemudian Pdt. Kadir Manullang, S.Th (Kepala Bagian Sekolah Minggu) mempresentasikan tentang Metode Mengajar Anak Sekolah Minggu. Tim SMIRNA juga memperkenalkan beberapa lagu Sekolah Minggu dari Buku Ende Sekolah Minggu dan juga gerakannya serta mengadakan simulasi pengajaran dengan membagi kelompok untuk melatih berkhotbah, kreativitas, dan membuat gerakan lagu anak Sekolah Minggu.


Peserta sangat antusias dan penuh sukacita mengikuti kegiatan ini. Peserta yang hadir sebanyak 128 orang perwakilan dari 14 Ressort di Distrik XXIX Deli Serdang. Harapan dari Praeses Pdt. Horas sebagai buah dari kegiatan ini adalah (1) Guru Sekolah Minggu menjadi teladan dalam mengajar dan mampu mengajak ASM memahami isi Alkitab dengan metode nyanyian dan membuat  alat peraga yang sederhana. (2) Gereja mengutamakan program GSM dengan memberikan dukungan anggaran dalam mewujudkan kegiatan Sekolah Minggu. (3) Program pemberdayaan GSM tingkat distrik  dilakukan setiap tahun dan semua gereja memprogramkan  dalam rapat huria. Dan juga harapan dari Pdt. Freddin Bancin, M.Th (Ketua Panitia Pemberdayaan/Ka. Bid. Koinonia HKBP Dist. XXIX Deli Serdang adalah menghasilkan kualitas guru sekolah Minggu yang berkualitas sesuai dengan ajaran HKBP dan memiliki kompetensi mengajar yang baik. (KBS-MS)