"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

Dua Hari-Satu Malam Mengunjungi Enam Resort di Distrik IX Sibolga-Tapteng-Nias dan Persiapan Distrik XXXIII Barus Raya

Sabtu, 05 Juni 2021, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, bergerak meninggalkan Tarutung menuju Kecamatan Kolang untuk menghadiri dan melayankan pemberkatan nikah Pdt. Benyamin Tampubolon di HKBP Kolang. Dalam kesempatan ini beberapa pendeta dari Distrik IX Sibolga-Tapteng-Nias juga turut hadir, Praeses HKBP Distrik IX Sibolga-Tapteng-Nias, Pdt. Donda Simanjuntak, Pdt. Maslan Situmorang (HKBP Adian Galasan), Pdt. Martin Manullang (HKBP Poriaha Julu), Pdt. Jhonson Simamora (HKBP Naipospos), Pdt. Edward M. Siahaan (HKBP Manduamas), Pdt. Jonni Tambunan (HKBP Tukka), Pdt. Tulus Aritonang (HKBP Sirau), Pdt. Jimmy C. Pandiangan (HKBP Sarudik), Pdt. Sabar Siagian (HKBP Pinangsori).

Setelah beberapa jam berada di HKBP Kolang, bersua dengan sesama pendeta dan jemaat, rombongan Ka. Dep. Koinonia bergerak menuju HKBP Resort Poriaha Julu mengunjungi Pdt. Martin Simanullang yang baru saja ditetapkan menjadi pendeta resort dalam beberapa minggu terakhir. Sejak tiba dalam beberapa minggu ini di jemaat HKBP Poriaha Julu, Pdt. Martin belum dapat bercerita banyak hal tentang dinamika jemaat, namun kesan yang dapat dirasakan, ada sukacita dan semangat untuk melanjutkan pelayanan di HKBP Poriaha Julu.

Setelah dua jam di HKBP Poriaha Julu, rombongan Ka. Dep. Koionia bergerak menuju HKBP Adian Galasan mengunjuungi Pdt. Maslan Situmorang sebagai pendeta resort. Dengan penuh semangat Pdt. Maslan bercerita pengalaman pelayanannya di HKBP Adian Galasan dalam tiga tahun terakhir. “awal-awal saya tiba di jemaat ini, banyak jemaat yang pesimis terhadap road map pelayanan yang saya usulkan, terutama soal pembangunan gedung gereja, namun setelah kita tunjukkan lewat tindakan, sekarang, jemaat malah tancap gas untuk menyelesaikan pembangunan, kendati masih terdampak pandemi” ujar Pdt. Maslan. Pdt. Deonal Sinaga dengan bangga mengapresiasi cerita pelayanan Pdt. Maslan.

 

Tepat pukul 18.00 WIB, pendeta Deonal Sinaga bergerak menuju HKBP Gonting Mahe, dan tiba pukul 19.10 WIB, disambut hangat oleh Pdt. Johnson Simamora. Suasana rumah Pdt. Johnson sangat asri, banyak bunga dan bersih terawat. Keluarga Pdt. Johnson Simamora sangat senang atas kunjungan tersebut, “Mansai las roha diebati Amanta pimpinan ni HKBP jabunami on.” Dalam kesempatan itu juga Pdt. Simamora bercerita banyak hal, terutama tentang pelayanan di HKBP Ressort Naipospos. Sekitar sejam berada di HKBP Gonting Mahe, Pdt. Deonal pamit dan bergerak menuju Barus.

 

Kendati sudah malam, Pdt. Goklas Simanungkalit (pendeta Resort HKBP Andam Dewi) didampingi Pdt. Pontius Siregar (pendeta HKBP Resort Sihorbo) menyambut Pdt. Deonal Sinaga dengan hangat. “Sahabat tidak mungkin lewat tanpa bersua dengan sahabatnya” demikian ungakapan Pdt. Pontius Siregar menyambut kedatangan Ka. Dep. Koinonia sembari tertawa.

Minggu, 06 Juni 2021, Pdt. Pontius Siregar dengan senang hati menyambut Pdt. Deonal Sinaga di rumah Dinas HKBP Sihorbo untuk sarapan pagi sebelum melanjutkan perjalanan ke HKBP Uratan. Dalam kesempatan itu, Pdt. Pontius Siregar menjelaskan lokasi gereja, sejarahnya dan perkembangan jemaat di HKBP Resort Sihorbo. Pdt. Deonal Sinaga sangat kagum dengan informasi yang disampaikan Pdt. Siregar. Pdt. Deonal Sinaga juga mengapresiasi keasrian bunga-bunga di pekarangan rumah dinas gereja.

Melanjutkan perjalanan ke HKBP Uratan yang berjarak sekitar 6 km dari HKBP Sihorbo, Pdt. Deonal Sinaga disambut hangat oleh para parhalado dan ruas di HKBP Uratan. Jumlah yang mengikuti kebaktian sangat banyak dari biasanya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. “jumlah pengunjung ini bertambah banyak karena mereka tahu bahwa salah satu pemimpin HKBP akan melayankan khotbah di gereja ini” ujar Pdt. Goklas Simanungkalit menjelaskan. Pdt. Deonal Sinaga sangat senang dengan sambutan tersebut dan terutama dengan keramahtamahan jemaat dan parhalado. “HKBP Uratan dan Resort Andam Dewi adalah jemaat yang luar biasa dan sangat menginspirasi saya untuk semakin giat melayani di HKBP” ujarnya.

Rombongan Pdt. Deonal Sinaga meninggalkan Tapteng sekitar pukul 17.30 WIB dengan penuh sukacita. (DK-NXC)