"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Ephorus Ajak Benahi Taput Jadi Pusat Wisata Religi Kristen Batak

11 Juni 2021  | 08.00 - 13.00

______________

Pearaja, HKBP.or.id - Bertempat di ruang virtual, Yayasan Bisukma yang didirikan oleh Dr. Erikson Sianipar gagas webinar bertajuk Quo Vadis Kota Wisata Rohani Tarutung. 


Serius gumuli topik ini, Yayasan Bisukma gandeng berbagai pihak bahas topik di atas, terutama HKBP. Ephorus HKBP, Pdt. Robinson Butarbutar didaulat menjadi satu dari empat narasumber. 

"HKBP siap mendukung dan mengajak semua pihak untuk serius membenahi Tapanuli Utara Menjadi Pusat Wisata Religi. Kita punya semua sumbernya di sini," imbaunya. 

Ephorus juga menyebutkan bahwa HKBP memiliki nilai historis dan religi yang sangat mengakar di Taput. Itu bisa menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang. Sebut saja, Salib Kasih, Huta Dame, Kantor Pusat HKBP, dan masih banyak situs lainnya. 


"Mekkah dikunjungi karena nilai religinya. Demikian juga Bali. Mari kita benahi jejak Misionaris yang ada di Taput. Itu Magnetnya," lanjut Ephorus. 

Akhiri paparannya, Ephorus menyebutkan rencana Grand Opening Sopo Nommensen pada 10 Juli mendatang. Yang pembangunannya dikerjakan warga HKBP, dipimpin oleh Prof. Dr. John Hutagaol bersama rekan-rekan, pada periode Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing (Ephorus HKBP 2016-2020). Hotel berbintang tiga plus. Tidak hanya itu, HKBP juga sudah memiliki Museum yang terletak di Desa Sipoholon. Tentu bila ini dibenahi, akan banyak orang yang datang. Tidak hanya wisatawan yang berkunjung, tapi para peneliti dari mancanegara juga bisa datang untuk belajar di sini.



Didaulat juga menjadi narasumber, Agoes Tinus Lis Indrianto, yang adalah Dekan Fakultas Pariwisata, Universitas Ciputra Surabaya menyebutkan, "Coba kita ketik di Google, kota wisata rohani, pasti yang muncul Salib Kasih Tarutung. Ini saja sudah modal awal yang luar biasa." 

Ia juga memaparkan 5 kunci sukses membangun Kota Wisata Rohani Tapanuli Utara, yakni: tersedianya produk, fasilitas yang lengkap dan bersih, Aksesibilitas, promosi dan dukungan semua stakeholder 

Turut menjadi narasumber dalam webinar ini Sarlandy Hutabarat, Wakil Bupati Taput. Juga Dr. R.E. Nainggolan, yang pernah berdedikasi menjadi Bupati Taput pada tahun 1999-2004. 


Acara yang diharapkan segera ditindaklanjuti ini pandu oleh Dr. Erikson Sianipar, Founder Bisukma, dan Dharma Hutauruk, Ketua Taput Harus Hebat. 

Dan para penanggap: Dr. Ir. Paul L.Tobing, M.Eng, Pastor Merdin Sitanggang, juga Dr. Simion Harianja, IAKN Tarutung. Hadir memoderasi, Pdt. Irvan Hutasoit, M.Th. (SKE_JFS)

Pustaka Digital