"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Ephorus HKBP Aturkan Yang Melayani Ibadah Pemberangkatan dan Pengebumian Jenazah Pdt. Dr. SAE Nababan, LID




Seluruh jemaat dan pelayan HKBP berduka atas kepergian Pdt. Dr. SAE Nababan, LID meninggalkan dunia ini. Pelayanan dan perjuangan  beliau dalam memajukan  gereja HKBP sangat dirasakan jemaat dan  pelayan, secara khusus di masa pelayanan beliau sebagai parhalado pusat (1968-1987) dan sebagai Ephorus HKBP (1987-1998).

HKBP senantiasa mengingat jasa, karya pelayan dan pemimpinnya, seperti yang dituliskan dalam kitab Ibrani 13: 7 "ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan Firman Allah padamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka."

Sebagai penghormatan atas  pelayanan,  perjuangan dan kepemimpinan Pdt. SAE Nababan, Ephorus HKBP,  Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mengaturkan yang melayani  ibadah pemberangkatan dan pengebumian jenazah Pdt. SAE Nababan. Pihak Keluarga merencanakan pengebumian jenazah beliau   diadakan pada hari Selasa, 11 Mei 2021 di pekuburan keluarga di Jl. Sisimangaraja No. 139,  Siborongborong, Tapanuli Utara.

Sebelum pengebumian dilangsungkan, ibadah pemberangkatan jenazah dilaksanakan di Gereja HKBP Sabungan  Siborongborong Resort Siborongborong, Distrik XVI Humbang Habinsaran. Pada acara ibadah pemberangkatan tersebut, sebagaimana diaturkan Ephorus, khotbah , berkat dan pengebumian dilayangkan Ephorus sendiri, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar. Liturgis dilayankan Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST. Riwayat hidup dan pelayanan  dibacakan oleh Kabiro Personalia, Pdt.  Rikson Hutahaean, M.Th. Kata penghiburan mewakili Pimpinan HKBP disampaikan Kepala Departemen Marturia, Pdt. Kardi Simanjuntak, M.Min, mewakili  seluruh pelayan dan pegawai HKBP disampaikan oleh Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran, Pdt. Darna Lumbantobing, S.Th serta dari  Mitra Luar Negeri diwakili Pdt. Devler Nonne. Protokoler acara dikoordinasikan Kabiro Jemaat, Pdt. Tumpak Siahaan, S.Th. Acara esok hari  akan ditayangkan secara live (https://youtu.be/1WGywIlCZZs) dari biro TIK HKBP dibawah koordinasi Kabiro, Pdt. Fortunate SMM Siagian, S.Th.

Menurut informasi yang disampaikan Ephorus pada sore hari ini bahwa Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th tidak dapat menghadiri acara tersebut karena ada tugas dan pelayanan di daerah lain (B-TIK)

Pustaka Digital