"Dungi ninna Jahowa ma: “Ingkon bohingKu donganmu mardalan, asa Hutogihon ho tu hasonangan.”

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”"

Musa 33 : 14

Ephorus HKBP Resmikan Dua Belas Rumah Doa di Seminarium Sipoholon

Pembangunan Dua Belas Rumah Doa digagas Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar  di lahan milik HKBP yang berada di Seminarium Sipoholon. Keduabelas Rumah Doa mengambil nama-nama pimpinan, misionaris dan pelayan HKBP yaitu Pdt. Kasianus Sirait, Pdt. Dr. (Hc). Justin Sihombing, Pdt. Dr. (Hc). Tunggul Sihombing, Ds. Gustav H.M. Siahaan, Pdt. Dr. Soritua A.E. Nababan, Pdt. Dr. P.W.T. Simanjuntak, Pdt. Dr. (Hc). Willem T.P. Simarmata, M.A, Pdt. Johannes Warneck, Swister Elfriede Harder, Gr. Kaliamat P. Sianipar, Biv. Nuria A. Sirait dan Diak. Nuria D. Gultom.


Keduabelas Rumah Doa diresmikan oleh Ompu i Ephorus pada Jumat (21/10/2022), yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, penguntingan pita oleh ibu Ny. Pdt. Dr. Robinson Butarbutar Sri Simatupang, perwakilan keluarga yang telah diabadikan namanya di Rumah Doa, dan oleh  Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr.  Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th, Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th, tokoh masyarakat, Dr. R.E. Nainggolan, serta oleh Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, M.Si.



Proses pembangunan sampai pada peresmian keduabelas Rumah Doa atas dukungan dari berbagai pihak. Dukungan tersebut disyukuri oleh HKBP melalui ibadah peresmian Rumah Doa yang dilayankan Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th sebagai pengkhotbah dan Kepala Biro Ibadah/Musik, Pdt. Eden Ramses Siahaan, S.Th, MM sebagai liturgis.



Ibadah peresmian dihadiri oleh kelompok paduan suara dari HKBP Simanungkalit, Sekolah Tinggi Bibelvrouw dan Paduan Suara Kantor Pusat HKBP. Ketua Panitia, Pdt. Dr. Enig Aritonang menjelaskan letak pendirian Rumah Doa  bahwa menggambarkan penginjilan yang dilakukan Misionaris di daerah Tapanuli yang banyak lembah dan bukitnya. Cukup baik tempat ini untuk kemajuan daerah Tapanuli Utara  sebagai kota Wisata Rohani, terang Pdt. Enig.


Demikian Perwakilan Keluarga keturunan Ds. G.H.M. Siahaan, Bupati Tapanuli Utara dan Tokoh Masyarakat, R.E. Nainggolan sangat mendukung pendirian rumah doa HKBP. Suatu kemajuan yang cukup signifikan dah berarti bagi peningkatan spritualitas warga jemaat dan masyarakat, sebut R.E. Nainggolan 


Dalam bimbingan arahannya, Ephorus menceritakan awal rencana pembangunan Rumah Doa di Seminarium Sipoholon. "Saya dan Pdt. Dr. Enig berdiri di samping gedung Nommensen Christian Center melihat lahan kosong  yang tidak dikelola dengan baik ini. Awalnya untuk lahan kegiatan pemberdayaan warga. Namun saya melihat letak lahannya berbukit. Berarti tempat ini sangat baik untuk tempat berdoa, bahasa Batak disebut inganan partangiangan. Setelah itu, saya hubungi beberapa orang dengan rencana pendirian Rumah Doa ini. Mereka sangat setuju. Itulah awal rencana pendirian Rumah Doa ini, jelas Pdt. Robinson.


Untuk itu, marilah kita memberitahukan  tentang Rumah Doa ini kepada keluarga, sahabat dan saudara-saudara kita. Agar mereka datang ke tempat ini berkunjung dan berdoa, himbau Ompu i Ephorus. (B.TIK)

Pustaka Digital