"Laos didok ma tu nasida: “Boasa songon i biar rohamuna? Dia do umbahen soada haporseaon di hamu?”

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?""

Markus 4:40

Ephorus HKBP Ucapkan Belasungkawa Mendalam Atas Meninggalnya, Pdt. Dr. SAE Nababan, LID


Sabtu (8/5/2021), Pdt. Dr. SAE Nababan meninggal dunia persis mendekati usia 88 tahun di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Beliau dikenal sebagai tokoh gerakan Oikumene nasional dan internasional.

Pdt. Dr. SAE Nababan merupakan sosok pemimpin yang karismatis. Ia dipercaya sebagai  Sekretaris Umum PGI   (1967 _1984), Ketua Umum (1984-1987) dan menjadi Ephorus HKBP (1987-1998). Pada tahun 2006, Beliau terpilih sebagai salah satu Presiden Dewan Gereja Sedunia (WCC) di Brazil.

Mengenang kepiawaian dan keberanian  Pdt. Dr. Soritua Nababan dalam memperjuangkan keadilan, Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mengungkapkan belasungkawa yang mendalam. Ephorus menyampaikannya seperti berikut ini

 "Kita, HKBP dan Gerakan Oikumene sedunia bersyukur kepada Tuhan atas hidup, karya dan perjuangan hambaNya, Pdt Dr Soritua Nababan yang baru saja meninggal dunia hampir berusia 88 tahun. 

 Di seluruh dunia, ia merupakan salah seorang dari tokoh sedunia gerakan oikumene yang sangat berpengaruh. Di tengah bangsa kita ia merupakan teolog keadilan dan kemerataan, juga pemimpin gerakan oikumene paling

berpengaruh sesudah Alm. T.B Simatupang.  Bagi para pejuang  keadilan dan perdamaian, ia aktivis, inspirator dan penopang. Bagi banyak pendeta di dalam kekristenan ia merupakan teolog yang tidak bisa diam melihat ketidakadilan. Bagi saya secara pribadi,  ia merupakan guru tentang pentingnya gereja berubah dari kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesuai dengan Firman Allah dan kehendak Allah Tritunggal, walaupun harus dengan resiko dan konsekuensi yang dapat mengancam jiwa sendiri.


Biarlah Tuhan memberkati segala karya hambaNya ini untuk kehidupan dan karya gereja Tuhan di dunia ini, khususnya HKBP, dan memelihara kehidupan keluarga yang ditinggalkannya dan para pejuang yang mengikuti jejak-jejaknya.

Salam dan doa

Pearaja Tarutung, 8 Mei 2021,

An. Seluruh warga, pelayan dan Pimpinan HKBP di pusat, distrik, resort dan jemaat maupun lembaga HKBP,

Pdt Dr Robinson Butarbutar

Ephorus HKBP

Pustaka Digital