"Ai gok di Ho do ale Jahowa hatimbulon dohot hagogoon dohot hamuliaon dohot hatongamon dohot pujipujian; gok di Ho tahe nang saluhut na di banua ginjang dohot na di tano on. Gok di Ho do ale Jahowa harajaon, jala dipatimbul Ho diriM di atas ni saluhut na marjujungan.

Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala."

1 Kronika 29 : 11

Ephorus: Lupakan Perseteruan, Wariskan Persahabatan adalah Ciri Pengikut Yesus


Minggu, 27 Juni 2021 | 08.30 – 11.00

---------------------------

Gedung Serba Guna (GSG) HKBP Surabaya yang akan dibangun diperuntukkan untuk berbagai kegiatan kebudayaan dan kemasyarakatan. Panitia berupaya mengemas acara  penggalangan dana dengan ragam cara, seperti penyematan ulos kepada para jemaat dan penyumbang.

Peletakan batu pertama GSG dilaksanakan pada Sabtu, 26 Juni 2021 dan dihadiri Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar. Malamnya, seusai acara peletakan batu pertama,  dilanjutkan kegiatan malam nada dan dana. Jemaat dan para donatur sangat antusias mendukung pembangunan GSG tersebut. Dana yang terkumpul pada malam itu berjumlah Rp. 1,5 miliar.

Kegiatan penggalangan dana berlanjut esok harinya setelah ibadah Minggu yang dipimpin Ompu i Ephorus dan Praeses HKBP Distrik XVII IBT, Pdt. Abednego Sitompul, M.Th.    Panitia, jemaat dan majelis HKBP Surabaya sepakat mendukung penyelesaian hutang ke Dana Pensiun HKBP.


Dalam khotbahnya,  Ompu i Ephorus mengajak jemaat melupakan perseteruan, lalu mewariskan rasa persaudaraan dan persahabatan di dalam Tuhan. Hal itu penting untuk terus membangun kehidupan rohani HKBP Surabaraya ke depan. Dan itulah ciri khas   pengikut Yesus Kristus.

“Ketika Saul mati, Daud justru memilih meratapinya. Padahal semasa hidupnya, Saul terus berencana membunuh Daud. Tidak hanya meratapi, Daud juga mengangkat kehebatan Saul, yang sangat membenci Daud,” tegas Ephorus. Itu disampaikannya,  berangkat dari nats khotbah yang tertulis di 2 Samuel 1:17-27.


Kegiatan penggalangan dana ini  dilaksanakan  semi virtual. Jemaat yang on site, hadir di gedung pertemuan HKBP Surabaya dan jemaat yang hadir dengan  online, mengikuti ibadah dan acara penggalangan dana di kanal Youtube HKBP Surabaya. 


Sebagaimana yang disampaikan panitia, jemaat, dan pelayan bahwa HKBP Surabaya turut berpartisipasi membantu Dapen HKBP. Hasil penggalangan dana seusai ibadah minggu yang  berjumlah sekitar Rp. 200.000.000 disumbangkan untuk Dapen HKBP. (SKE_JFS)