Ephorus Melantik Panitia Rapat Pendeta HKBP 2023

Huria Kristen Batak Protestan HKBP akan menggelar Rapat Pendeta Tahun 2023 setelah memasuki era sistim Sentralisasi Keuangan yang kali ini dilaksanakan di Perkampungan Pemuda Jetun Silangit Tapanuli Utara Tanggal 16 – 20 Oktober 2023. Untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan Rapat Pendeta tersebut, Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar melantik Panitia Rapat Pendeta HKBP 2023 di Gedung Rajapontas Lumbantobing Pearaja Tarutung, Senin (24/4/2023).


Setelah Pdt. Berton Hutapea membacakan SK Ephorus tentang nama-nama dan tugas panitia, Ephorus dengan resmi melantik Panitia Rapat Pendeta HKBP 2023 yang ditandai dengan mengetuk palu tiga kali, dan secara simbolik menyerahkan dokumen tugas Panitia Rapat Pendeta kepada Ketua Umum Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST.


Ephorus dalam bimbingan pastoralnya menyampaikan, Rapat Pendeta HKBP 2023 sangat signifikan secara historis karena dilaksanakan setelah HKBP memasuki sistim Sentralisasi Keuangan, sehingga banyak yang harus dilakukan yang menjadi tugas berat panitia. Rapat Pendeta bertujuan untuk menyediakan apa yang perlu untuk HKBP berkaitan dengan pelayanan di Tahun 2024 Tahun Oikumene Inklusif yang telah diawali dengan Tahun Propesionalisme Penatalayanan.


Propesionalisme Penatalayanan tidak sempurna jika HKBP belum beroikumene yang inklusif, “Holan dihita dope Propesionalisme Penatalayanan i molo dang mamungka di Taon 2024 sandok HKBP tau patupahon ulaon Oikumene na inklusif”, pesan Ephorus. Ephorus menjelaskan, pelayanan tidak hanya antar anak-anak kekristenan tetapi juga antar anak-anak kekristenan dengan yang bukan anak-anak kekristenan, dan juga antar manusia dengan ciptaan lainnya.


HKBP akan mempersiapkan diri supaya mulai Tahun 2024 dan kedepan adalah gereja yang para personilnya istimewa para pendetanya propesional melaksanakan oikumene inklusif tidak sebaliknya diskriminatif apalagi rasis dalam pemahaman dan pandangan teologinya.

Lebih lanjut Ephorus berpesan, pada tahun 2024 secara nasional akan mengadakan pesta demokrasi dimana keeksklusifan akan digunakan oleh orang-orang yang berkepentingan sempit, untuk itu HKBP harus mampu berbicara secara Inklusif. “Di semua aras pendeta HKBP harus mampu berbicara secara Inklusif”, pesan pastoral Ephorus.


Rapat Pendeta HKBP akan mengusung tema yang berkaitan dengan Tahun 2024 "HKBP proaktif menghadirkan kebaikan Allah bagi semua" (Mat 5:45) Subtema: "Pendeta HKBP berkomitment memperbaharui diri untuk professional menghadirkan kebaikan Allah dalam semua aras pelayanannya tanpa diskriminatif dan rasis.".


Setelah ibadah pelantikan, Panitia Rapat Pendeta 2023 mengadakan rapat perdana yang dipimpin Ketua Umum Panitia Sekjen HKBP Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST. Ketua Umum menyampaikan bahwa rapat perdana ini menentukan penjadwalan rapat berikutnya yaitu rapat kordinator seksi-seksi pertama Tanggal 26 Mei membahas anggaran yang disesuaikan dengan tempat Rapat Pendeta HKBP 2023 di Jetun Silangit. 

Melihat tempat Rapat Pendeta kali ini di Jetun Silangit, Pdt. Tinambunan meminta empat seksi terkait yaitu seksi tempat, seksi persidangan, seksi perlengkapan dan seksi keamanan dan parkir supaya mengadakan rapat koordinasi di tempat Jetun Silangit untuk mendapatkan keselarasan. Rapat kedua direncanakan Tanggal 7 Juli.


Usulan peserta rapat Kadep Diakonia Pdt. Debora Sinaga dan Pdt. Mika Purba sama yaitu supaya panitia memperhatikan kelancaran air dan toilet yang lebih layak.

Pelantikan Panitia Rapat Pendeta HKBP 2023 dirangkai dalam satu ibadah yang dilayani Pdt. Rostetty Lumbantobing Kepala Biro Ibadah dan Pdt. Hasudungan Manalu Praeses HKBP Distrik II Silindung melayani sebagai pendoa syafaat. (P. Sam – B’TIK).

Pustaka Digital