HKBP Ampera, Medan, Sekjend: Allah Tidak Berkenan Kepada Kematian Orang Fasik

MEDAN, hkbp.or.id - Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan mengunjungi Jemaat HKBP Ampera, Medan dalam Ibadah Minggu XIV Setelah Trintatis (10/9/2023).


Ibadah Minggu dilayani oleh Pdt. Pittor Simanjuntak selaku Pendeta Resort sebagai Liturgis dan Pdt. Victor Tinambunan sebagai Pengkhotbah yang berdasar kepada Kitab Yehezkiel 33: 7-11.


Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menegaskan bahwa Allah mengkehendaki kehidupan. Pada ayat 11 dalam teks disebutkan "Demi Aku yang Hidup, ... Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik."

Allah sendiri yang berinisiatif untuk menetapkan penjaga bagi umat-Nya. Inilah bukti bahwa Allah menghendaki kehidupan.


Selanjutnya Pdt. Tinambunan menyampaikan bahwa dalam ayat yang menjadi khotbah dapat dilihat bahwa salah satu tugas penjaga umat seperti di dalam teks adalah untuk mengingatkan atas jemaat akan hal-hal yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan.

Tugas berikutnya adalah menegur dan membawa kembali jemaat yang jatuh ke dalam dosa.

Pdt. Tinambunan mengingatkan bahwa Tuhan telah membuat seluruh warga jemaat menjadi penjaga. "Semua umat yang dikasihi Tuhan turut serta dipakai oleh Allah sebagai penjaga untuk mengingatkan dan menegur serta membawa kembali semua yang jatuh ke dalam dosa."

Dengan demikian, kehidupan akan terjaga seperti yang Allah kehendaki yaitu kehidupan bukan kematian.

Setelah ibadah minggu, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Pesta Pembangunan HKBP Ampera.


(SKS-NS)

Pustaka Digital