"Minggu Septuagesima
Topik: GABE SIULAHON HATA I (HIDUP BENAR SESUAI DENGAN HUKUM TUHAN)"

Ev: Jakobus 1 : 22-25/Ep: Jesaya 58 : 1-9a

HKBP Bersiap Menyambut Perkembangan Digitalisasi, Informasi, dan Komunikasi


Rabu (5/4). Pada hari ketiga mengikuti pelatihan digitalisasi, informasi dan komunikasi ini, para peserta berjumlah 40 orang berada di Gedung Raja Pontas, Pearaja – Tarutung. Hari terakhir pelatihan ini akan membahas tentang pelatihan membuat berita (di media online/cetak), data dan website, serta digital marketing.

Pembahasan hari ketiga ini merupakan lanjutan dari sesi pada hari selasa yang lalu. Para peserta telah diperlengkapi dengan cara pembuatan video singkat yang menarik serta pembuatan poster digital untuk membantu mempromosikan kegiatan pada pelayanan masing-masing. Hal ini sangat membantu para peserta yang sebagian besar para pelayan untuk menyampaikan kabar baik melalui media sosial.

Pelatihan hari ke tiga ini diawali dengan ibadah pagi yang dipimpin oleh Pdt. Daniel Sinaga yang merupakan salah satu peserta dari Distrik XIV Tebing Tinggi. Sesi pertama hari ini merupakan lanjutan sesi dari Bantors Sihombing dengan tema “Pelatihan membuat Berita di Media Online/Cetak”. Para peserta diajak dan diarahkan oleh narasumber untuk menuliskan berita dengan judul yang menarik agar menarik perhatian pembaca. Selain itu, Bantors Sihombing juga menyampaikan bahwa pentingnya judul berita yang informatif dan singkat. Isi berita yang dituliskan merupakan fakta dan hasil observasi si penulis berita sehingga berita yang disampaikan dapat ditanggungjawabi oleh penulis tersebut. Bantors Sihombing juga menginformasikan bahwa pada akhir-akhir ini, di zaman digitalisasi ini, sudah banyak media online yang berkembang pesat dan lahir baru, sehingga daya saing semankin besar. Oleh karena itu, para pelayan di HKBP sebaiknya mampu menuliskan berita pelayanan masing-masing dan menggunakan web HKBP untuk mengirimkan beritanya.

Setelah sesi pertama ini, pelatihan dilanjutkan dengan sesi ke dua yang diisi oleh Dr. Johannes Harungguan Sianipar, S.T., M.T, adalah seorang tenaga pengajar di IT DEL. Dr. Johannes menyampaikan sesi dengan teman”Data dan Website”. Dan sebagai sesi yang terakhir dalam pelatihan ini, disampaikan oleh Bapak Sahala Panjaitan yang menyampaikan tentang “Digital Marketing.”

Secara garis besar, para peserta diperlengkapi dengan penguatan mengelola data serta media sosial di masing-masing pelayanannya, baik di tingkat huria, resort, distrik maupun pusat. Hal ini sangat membantu para peserta dalam menciptakan metode baru pelayanan yang lebih baik di bidang teknologi.


Pelatihan digitalisasi, informasi dan komunikasi ini ditutup oleh Pemimpin HKBP yaitu Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan dengan menyerahkan sertifikat kepada seluruh peserta yang hadir. Kiranya pelatihan digitalisasi, informasi, dan komunikasi ini dapat menjadi berkat bagi para pelayan di HKBP.