"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

HKBP Borneo Rayakan Ulang Tahun Ke-13


Minggu (29/9), HKBP Borneo Ressort Banjarmasin Distrik XXVII Borneo merayakan Ulang Tahun ke 13 dan sekaligus mengadakan Pesta Pembangunan. Ibadah diadakan di Gedung Wanita masuk pukul 09.00 Wib. Acara diawali dengan prosesi yang disambut dengan tortor Remja/Naposo dan pengalungan bunga kepada Ephorus HKBP dan Praeses Distrik XXVII Borneo dan pemberian bunga pangku kepada Ompu Boru. Ibadah dipimpin oleh Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing sebagai pengkotbah dan Praeses Pdt Mangatur Manurung STh Praeses HKBP Distrik XXVII sebagai Liturgis, Pdt. Pungka Samosir (Pendeta HKBP Ressort Banjarmasin) sebagai pendoa syafaat dan Warta Jemaat dibacakan oleh Pdt. Apriando J. Rajagukguk, STh (Pimpinan Jemaat HKBP Borneo).


Dalam kotbahnya yang diambil dari Epesus 4:7-16, Ephorus menyampaikan rasa bahagia setelah sampai ke Banjarmasin dan dapat melintasi kota yang sudah mengalami kemajuan. Sanang mendengar berita dari Praeses dan Pendeta Ressort tentang perkembangan jemaat di Banjarmasin ini. Tentunya jemaat dapat berkembang karena pelayanan para pelayan dan pertumbuhan iman dari jemaat. Layaknya nats ini yang mengatakan menjadi jemaat yang dibesarkan dan menjadi jemaat yang dedewasakan dengan kepercayaan kepada Yesus Kristus. saya yakin selain pelayanan para pelayan, bahwa Roh Kudus bekerja ditengah-tengah kehidupan jemaat. Dalam 1 Petrus 2:9 disebutkan ada 2 panggilan kepada orang Kristen yaitu Vocatio Generalis atau  panggilan kepada semua jemaat dan Vocatio Specialis atau panggilan khusus. Panggilan kepada semua jemaat menjadikan HKBP besar, besar karena jemaatnya. Karena kemanapun jemaatnya pergi pasti membawa gerejanya dan mendirikan gerejanya. Keistimewaan inilah yang tidak ditemukan di gareja lain. Pada saat ini, kita merayakan pesta ulang tahun dan pesta pembangunan, jikalau Tuhan meminta kepada kita untuk membangun gereja, mari kita syukuri larena kita masih diberi kesempatan. Kita juga diminta menjadi jemaat yang dewasa yang tetap setia kepada iman kita. Jikalau kita melihat berita-berita yang beredar, banyak hal yang bisa membuat orang kristen menjadi khawatir. Namun Firman Tuhan mengatakan agar kita menjadi kristen dewasa yang tidak dapat digoyahkan oleh dunia ini. Menjadi orang kristen yang setia dengan menghidupi kehidupan rohani. Firman Tuhan juga mengharapkan kepada kita, agar tetap melibatkan anak-anak sekolah minggu dalam kegiatan gereja karena mereka tentunya akan mengingat itu sampai dewasa.


Ibadah Ulang Tahun ke 13 dan sekaligus Pesta Pembangunan ini di isi dengan persembahan koor dari Koor Ina Bnjarmasin, Koor Ina HKBP Borneo, Koor Remaja NHKBP Borneo, Koor Ama dan Koor Gabungan HKBP Borneo.


Usai ibadah, acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua Pnitia Pesta A. Simamora yang menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kehadiran undangan yang hadir dalam pesta tersebut. sekaligus berharap partisipasi dan harapannya untuk pembangunan gereja HKBP Borneo yang saat ini dalam pembangunan.


Acara tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintah Drs Siswansyah yang dalam kata sambutan Gubernur menyapaikan permohonan maaf Gubernur yang seyogianya hadir, namun berhubung karena tragedi asap harus turun kelapangan untuk meninjau langsung keadaan. Asisten I menyampaikan bahwa sangat menghormati gereja HKBP yang ada di Banjarmasin. Gubernur mengajak dan berharap agar jemaat HKBP menjadi jemaat yang mau membangun, jemaat yang mau bekerja keras dan terlebih saling menghormati dan menjunjung persatuan. Gubernur juga berpesan agar seluruh umat beragama diharapkan menjaga kerukunan beragama terutama dalam menghadapi keadaan yang yang terjadi dewasa ini. Dalam sambutannya, Gubernur mengajak agar lebih mengunjung kebersamaan, mengutamakan kesatuan daripada kepentingan pribadi.


Ompui Ephorus dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan bahwa HKBP terdiri dari 31 distrik di seluruh Indonesia. Ephorus menghimbau sekalipun HKBP berpusat di Pearaja, tetapi jemaat jangan lupa bahwa jemaat yang ada di Kalimantan Selatan ini adalah warga masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan. HKBP sangat mendukung dan ikut mensukseskan program pemerintah untuk kesejahteraan, keamaan dantoleransi. Ephorus mentitipkan warga jemaat HKBP kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan karena jemaat HKBP juga adalah warga Kalimantan Selatan. “Saya menitipkan jemaat HKBP kepada Bapak karena mereka juga adalah warga Kalimantan Selatan dan berdomisili disini”, demikian pinta Ephorus. “Kami sangat senang dengan kemajuan warga di Kalimantan Selatan ini dan kami mengucapkan terimakasih kepada aparat Pemerintah dan Perwakilan Rakyat di DPRD dan juga TNI Polri. Kiranya tetap terjalin kerjasama antara pemerintah dan gereja dan sebaliknya”.


Usai acara kata sambutan, acara selanjutnya di isi dengan pemotongan kue ulang tahun ke 13 HKBP Borneo oleh Ompui Ephorus dan Ompu Boru dipandu oleh Pdt. Apriando J. Rajagukguk, STh. Acara Pesta Ulang Tahun sekaligus Pesta Pembangunan ini juga dihibur oleh artis Nixon Simanjuntak personil Trio Lamtama yang turut mengumpulkan dana untuk pembangunan gereja berduet bersama Amang Anggara Sitompul (Dandim 1007/Banjarmasin) dan  tortor Remaja/Naposobulung HKBP Borneo.

Untuk penggalangan dana, diadakan tortor Pimpinan, Parhalado dan Panitia, tortor tiap-tiap lingkungan lelang dan juga mangulosi serta pemberian Pin kepada jemaat oleh Ompui Ephorus dan jemaat yang diulosi menyampaikan ucapan syukurnya sebagai janji iman kepada Yesus Kristus.

Turut hadir dan menyumbangkan lagu Suharianto Ketua Kalsel Peduli, Selamat buat HKBP Borneo.

 

Pustaka Digital