"Minggu Septuagesima
Topik: GABE SIULAHON HATA I (HIDUP BENAR SESUAI DENGAN HUKUM TUHAN)"

Ev: Jakobus 1 : 22-25/Ep: Jesaya 58 : 1-9a

HKBP Distrik IV Toba Dukung Pembenahan Perkampungan Pemuda Jetun Silangit


 

Perkampungan Pemuda Jetun Silangit milik HKBP terletak di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Tempat ini dulunya menjadi pusat  pelatihan dan olah raga.  Dahulu, kegiatan HKBP Games diadakan di tempat ini secara berkala, namun beberapa dekade terakhir, aktivitas di Perkampungan Pemuda Jetun Silangit sangat berkurang. Fasilitas-fasilitas olah raga tidak pernah digunakan lagi, seperti lapangan bola, kolam renang, lapangan badminton, dan lain-lain.


 

Melihat keadaan itu, Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar bergegas membenahi area Perkampungan Jetun Silangit dengan menempatkan seorang pelayan handal yakni Pdt. Agus Manullang, S.Th. Beliau menjadi pimpinan yang akan mengelola area ini menjadi pusat pembinaan spritualitas atau retreat kerohanian, pemberdayaan ekonomi warga, dan pusat pelatihan olah raga.  Pembenahan Perkampungan Pemuda Jetun Silangit dilakukan seiring dengan misi HKBP untuk mentransformasikan warganya mewujudkan hidup yang lebih sejahtera.


 

Pembenahan Perkampungan Pemuda Jetun Silangit didukung seluruh warga HKBP dan berbagai pihak. Pada Rabu (14/4/2021), dukungan HKBP Distrik IV Toba diberikan oleh Praeses Pdt. Julson Pasaribu, M.Th; Bendahara Distrik, Jonang M.P. Sitorus;  Ketua Badan Audit, Sahat  Butarbutar; Anggota MPSD, Pdt. Fajar Lubis; dan Pendeta HKBP Resort Sirait Uruk, Pdt. Manoto Situmeang. Bentuk dukungan yang diberikan adalah pemberian 3000 ekor calon induk ikan Nila Arwana yang bersumber dari kolam ikan milik Jonang M.P. Sitorus.


 

Penaburan ikan Nila Arwana dipimpin oleh Ephorus  di kolam ikan dekat conference  hall  yang sedang dalam tahap pembangunan.  Saat menaburkan ikan Nila Arwana, Ephorus menegaskas, “Perkampungan Pemuda Jetun Silangit ke depan menjadi pusat pemberdayaan ekonomi,  pusat pelatihan pemuda, pusat persekutuan doa dan retreat,  pusat revivalism (kebangunan rohani).” Ephorus juga berterima kasih kepada HKBP Distrik IV Toba atas dukungannya dengan memberikan bibit ikan yang ukurannya telah dapat disebut calon induk dan berharap kepada jemaat se-distrik IV Toba mampu memberi teladan agar seluruh masyarakat di Toba dapat mencapai hidup sejahtera. Semoga Tuhan memberkati  bibit ikan yang diberikan agar menjadi contoh bagi jemaat. (B-TIK)