"Laos didok ma tu nasida: “Boasa songon i biar rohamuna? Dia do umbahen soada haporseaon di hamu?”

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?""

Markus 4:40

HKBP Eben Ezer Unjur, Small is Beautifull Rayakan Pesta Perak

HKBP Eben Ezer Unjur berdiri pada tanggal 25 Agustus 1996 dan terletak di lokasi yang asri, di Desa Unjur, Kecamatan Ambarita, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Gereja ini merupakan resort istimewa karena tidak memiliki jemaat cabang (huria pagaran). Jemaatnya ada sebanyak 54 kepala keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 224 orang dan menyebut gerejanya dengan istilah "Small is Beautifull" (kecil adalah indah, cantik).


Di Minggu XXIII Trinitatis (7/11/2021), HKBP Eben Ezer rayakan pesta perak (ulang tahun ke - 25) yang dipimpin Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom, S.Th, MA dan Pendeta HKBP Resort Ambarita, Pdt. Hitler B. Panjaitan, S.Th. Ibadah dilaksanakan dengan rangkaian nuansa budaya Batak.



Ompu i Ephorus menyebutkan dalam khotbahnya, Allah yang kita percaya adalah pencipta langit, bumi dan segala sesuatunya. Ia memelihara seluruh ciptaanNya dan memberi keadilan kepada yang tertindas. 


"Berbahagailah seluruh jemaat HKBP Eben Ezer telah mengenal, mempercayai Allah pencipta dan yang merasakan kasih setiaNya. Ia mengirimkan hamba-hambaNya ke tempat ini untuk memberitakan FirmanNya. Allah akan memampukan, menguatkan dan mencukupkan semua orang yang setia padaNya," sebut Ephorus.

Perayaan Ulang Tahun ke - 25 HKBP Eben Ezer dirayakan semua hadirin yang dipimpin Ompu i Ephorus usai kebaktian. Seluruh pelayan, jemaat, dan para undangan dengan semangat dan sukacita menyanyikan nyanyian "selamat ulang tahun."


Ketua Panitia, G.M. Rumahorbo dalam sambutannya mengatakan terlaksananya kegiatan ini atas kesatuan hati jemaat dan dukungan para pemerhati HKBP Eben Ezer. 


Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom, SE menyampaikan pesan kepada jemaat dan para undangan agar senantiasa membangun semangat persaudaraan dan meningkatkankan keberimanan kepada Tuhan. Secara khusus jemaat HKBP Eben Ezer dapat menjadi teladan bagi masyarakat Samosir. 

Selama 25 tahun, pendeta HKBP telah silih berganti datang melayani sebagai Pendeta Resort di HKBP Eben Ezer, yaitu Pdt. Jhonny Sihite, S.Th (1995-1999), Pdt. Jonni Sitorus (1999-2000), Pdt. Pangidoan Gultom (2000 - 2006), Pdt. Rudi Sianipar, S.Th (2006-2008), Pdt. Ricardo Turnip, M.Th (2008-2011) dan Pdt. Hitler Bilmar Panjaitan, S.Th (2011 - sekarang) 



Tanah tempat berdirinya HKBP Eben Ezer dihibahkan kel. P. S Simarmata (almarhum)/P.R. Gultom, dikenal dengan panggilan Ompu Basaria. Sertifikat tanah seluas 1746 m² diserahkan langsung oleh Ny P.S. Simarmata, P.R Gultom kepada HKBP yang diterima Ompu i Ephorus di saat acara pesta perayaan.



Turut hadir kepala Desa Unjur, Janner Ambarita, Kepala Desa Ambarita, Oberlin Sitio, Anggota DPRD Samosir Risma Simarmata, kelompok-kelompok Koor dari gereja sekitar, anak rantau dan pelayan penuh waktu di HKBP Distrik VII Samosir. 



Acara ini juga ditayangkan secara langsung lewat akun zoom dan youtube Huria Kristen Batak Protestan untuk menfasilitasi anak-anak jemaat di daerah perantauan. (B-TIK)





Pustaka Digital