"Minggu IX Dung Trinitatis
Topik: POLIN MANGIHUTHON JESUS (MENGIKUT YESUS SECARA TOTAL)"

Ev: Lukas 12:49-53/Ep: Psalmen 82:1-8

HKBP Nommensen Pulo Brayan Penuh Kasih

Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan, mengunjungi Jemaat HKBP Nommensen Pulu Brayan Distrik Medan Utara. Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menegaskan, "Tandani na marolopolop tu Jahowa hita, lam tu posna rohanta tu Tuhanta. Ganup ari ganup tingki mangasahon Tuhanta," Minggu (25/4/2021).

 

Nats Khotbah tertulis dalam 1 Yohanes 3: 19-24. Pdt. Tinambunan juga menyoroti fenomena banyaknya dan mudahnya kata "kasih" ditemui, karena ada tertulis di stiker, dalam syair lagu, disebut dalam doa, dan di mana-mana, namun sangat sulit ditemukan dalam kehidupan manusia belakangan ini. Itulah mengapa penulis Surat 1 Yohanes menekankan supaya mengasihi bukan hanya melalui kata, tetapi juga melalui tindakan nyata (ay.18).

Mengasihi dilakukan juga kepada diri sendiri dengan cara "ramah terhadap diri sendiri." Pdt. Tinambunan menyampaikan, sering terdengar seruan untuk ramah terhadap orang lain, namun perlu juga bagi kita untuk ramah pertama kepada diri sendiri dengam salah satu cara yaitu, tidak menyimpan dendam.

Menutup khotbanya, Pdt. Tinambunan mengutip salah satu kalimat dalam agenda pemberkatan nikah di HKBP "holong i do rahutrahut na sun denggan." Kasih adalah pengikat yang sangat baik.


Setelah selesai ibadah, rombongan Sekjend HKBP makan bersama dengan jemaat dan majelis gereja HKBP Nommensen Pulu Brayan. Dalam kesempatan ini, Pdt. Tinambunan mewakili Pemimpin HKBP menyampaikan piagam penghargaan kepada HKBP Nommensen Pulu Brayan sebagai Ressort pengirim Pelean 2 yang baik tahun 2020 dan pengguna pertama Virtual Account Bank BRI (BRIVA) dari Distrik XXXI Medan Utara.

Piagam penghargaan diterima oleh Pdt. Partungkoan Simanjuntak, sebagai Pendeta Ressort, Majelis Bendahara Ressort, dan Bendahara Huria. 

Korespondensi: Kantor Sekjend HKBP

 

 

Pustaka Digital