"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

HKBP Peduli Untuk Pencegahan Covid-19

Senin, 08 November 2021. Seluruh unit pelayanan di Departemen Diakonia HKBP mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan program HKBP untuk respon Covid-19 secara virtual. Program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini bertujuan untuk memberikan edukasi hidup sehat dan mendorong warga jemaat HKBP untuk menjadikan protokol kesehatan dan pola hidup sehat sebagai gaya hidup.


Program HKBP Peduli untuk Pencegahan Covid-19 ini didukung oleh Evangelical Lutheran Church of America (ELCA) dan HKBP AIDS Ministry (HAM) dipercayakan untuk mengkordinir kegiatan ini. Pertemuan dipimpin langsung oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th. Beliau mengucapkan terimakasih kepada ELCA yang selalu mendukung HKBP dalam pelaksanaan diakonia, khususnya dalam merespon pandemi Covid-19.


Sekretaris Eksekutif HAM, Diakones Berlina Sibagariang memaparkan program kegiatan yang akan dilaksanakan. Beberapa kegiatan yang akan berlangsung ialah sebagai berikut:

1. Pelatihan Relawan: Pola Hidup Sehat dan Pencegahan Covid-19, pelatihan ini akan diberikan kepada jemaat Distrik I Tabagsel, Distrik II Silindung, Distrik XV Humbang Habinsaran, Distrik XI Toba Hasundutan, Distrik IV Toba, Distrik V Sumatera Timur, Distrik IX Sibolga Tapteng Nias, Distrik VII Samosir, Distrik XII Asahan Labuhan Batu, dan Distrik X Medan Aceh.

Lembaga yang memiliki dampingan: HAM, PANTI KARYA HEPHATA, PANTI ASUHAN ELIM, Permata Diakoni, PENGMAS serta biro Mitra HKBP. Pelatihan ini akan difasilitasi oleh Tim Gugus Covid.

2. Kampanye pencegahan Covid-19 & pola hidup sehat melalui media sosial.

3. Pembuatan brosur, pembuatan flyer, pembuatan stand banner, pembuatan video edukasi, siaran radio dan menulis artikel di majalah.

4. Edukasi pola Hidup Sehat dan Pencegahan Covid-19, sosialisasi di gereja (dengan melakukan sosialisasi kepada kelompok sekolah minggu, remaja, pria, wanita, dan lansia). Sosialisasi di sekolah, khususnya sekolah HKBP. Sosialisasi/edukasi masyarakat melalui dampingan HKBP: Disabilitas – Panti Karya Hephata, kepada anak-anak di Elim, ODHIV - (HAM), PENGMAS HKBP dan dampingan Permata Diakoni. Selain itu juga kepada komunitas yang telah diorganisir oleh bito Mitra HKBP. Sosialisasi ini akan diberikan oleh pelatih yang mumpuni.

5. Pemberian vaksin kepada kaum rentan, seperti ODGJ, ODHIV, disabilitas, anak jalanan dan anak berkebutuhan khusus.

6. Penyediaan Shelter (Ruang Isolasi Mandiri) bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

7. Berlokasi di Komplek Sibatu-batu milik HKBP - Biro Caritas Emergency Sosial Diakoni di Pematang Siantar.

8. Konseling pastoral – hotline SERVICES, terbuka untuk umum.

HKBP AIDS Ministry mengkordinir kegiatan ini dan dikerjakan bersama oleh seluruh unit pelayanan di Departemen Diakonia HKBP. Semoga melalui kegiatan ini, dampak buruk pandemi semakin menurun, dan jemaat HKBP semakin memiliki kesadaran untuk hidup sehat, menjaga protokol kesehatan dan menerima vaksinansi.


HKBP menjadi berkat