"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Ibadah Minggu dan Penggalangan Dana Pembangun HKBP Sidorejo Distrik X Medan Aceh


Medan, (30/5/2021) Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th melayani ibadah Minggu Trinitas di HKBP Sidorejo, Resort HKBP Medan Estate, Distrik X Medan Aceh di Minggu Trinitatis. Masuk ibadah pukul 09:00 WIB dan 11:00 WIB. Firman yang disampaikan dari Yohannes 3:31-36, memberitakan bahwa Allah Tritunggal mengasihi manusia secara utuh sebagaimana wujud kehadiran Ketritunggalan Allah yang tidak bisa dipisahkan.

HKBP Sidorejo terletak di Jl. Mesjid No. 84 Pasar Bengkok Pancing, Kec.Percuit Sei Tuan Deli Serdang, Prov. Sumatera Utara. Jumlah kepala Keluarga 343 KK dari 1023 jiwa. 

Dilayani Pendeta Resort, Pdt. Luspinda Simanjuntak, S.Th, Guru Huria Lagian J. Purba, Bibelvrouw Rani Yusniar Pangaribuan dan Sintua 23 orang (8 sintua perempuan orang  dan 15 Sintua laki-laki) dan 1 calon sintua pdi 10 Lingkungan. Mengantisipasi penularq HKBP Sidorejo mengadakan ibadah 4 kali, masuk pukul  07:00 - 08:30 WIB, 09:00 - 10:30 WIB, 11:00 - 12:30 WIB dan 17:00-18:30 WIB. 


Sebelum memasuki ibadah, Pdt. Debora Purada Sinaga menyumbangkan lagu untuk aksi penggalangan pembangunan gereja HKBP Sidorejo yang sampai saat ini dalam proses penyelesaian pemasangan atap, lantai, jendela dan pengecetan dingding. Hasil spontanitas jemaat lewat 2 lagu dinyanyikan terkumpul dana sebesar Rp 13.291.000,- (Rp 5.760.0000 + Rp7.531.000). Sumbangan kramik gereja granit 80 X 80 m (700 m) dan pelebaran pintu masuk dalam gereja dari Kel. J.Sianturi/br. Lumbantobing. Direncanakan tgl. 5 September 2021 akan dilaksanakan pesta pembangunan. 


Bertugas sebagai liturgis pukul 09:00 WIB, Biv. Rani Yusniar Pangaribuan, pembawa warta jemaat St. R. Purba, pengumpul persembahan, St. J.Sitompul, St. H. Simamora, St. Drs. R.br. Marbun, pemandu jemaat St. M.br. Pardede dan Pemuda Gereja (N-HKBP). Jumlah jemaat yang hadir 234 orang (laki-laki 69 orang dan perempuan 165 orang).

Bertugas ibadah pukul 11:00 , Liturgis Pdt. Luspida Simanjuntak, M.Th, pengumpul persembahan, C. St. DH Silalahi, St. R. Simanjuntak, ST, St. R. Silalahi. Pembaca warta Jemaat, Gr. L. Purba, Pemandu, St. T. Sihombing, M.Pd, St. Drs. S. Pandiangan, St. H. Simamora. Song Lider St. J. Sitompul, St. B. Siringoringo, St. TH. Naibaho. Ibadah dihadiri 129 orang (laki-laki 45 orang dan perempuan 84 orang). 


Ditengah ibadah, setelah warta jemaat, panitia pembagunan melakukan sosialisasi mengumumkan bahwa rencana peresmian gedung gereja akan dilaksanakan tgl. 5 September 2021. Maka usaha panitia untuk menggalang dana dengan mencetak 2.000 eks bentuk undangan yang akan disalurkan panitia bersama jemaat. Setiap keluarga akan menyalurkan 5 undangan dan panitia menyalurkan 10 undang dengan ketentuan 1 eks undangan senilai minimal Rp 50.000,-. 

Setelah selesai ibadah dilanjut dengan ramah tamah bersama di ruangan gereja yang belum selesai. Jemaat, panitia pembangunan bersama pelayan gereja menyanyikan dengan semangat lagu mars HKBP Sidorejo yang telah ada 50 tahun yang lampau dengan visi: HKBP Sidorejo bersinar seperti kampung di atas gunung. Secara simbolis memberikan teks mars  kepada Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th.

Dipenghujung acara Kepala Departemen Diakonia memberikan motivasi dan bimbingan kepada yang hadir. Kepala Departemen Diakonia berkeyakinan lewat doa dan kebersamaan jemaat, pembangunan gereja akan dapat selesai di tahun 2021. (SKD-DAT)


Pustaka Digital