"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Ibadah Pelepasan Pemakaman Pdt Dr P W T Simanjuntak di HKBP Pargaolan


Ephorus Emeritus Pdt. Dr. PWT. Simanjuntak dimakamkan hari ini, Rabu (2/6/2021) di pekuburan keluarga di Pargaolan, Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. 

Sebelumnya dilakukan ibadah pelepasan jenazah almarhum Pdt. Dr. PWT. Simanjuntak di HKBP Pargaolan, Resort Sigumpar, Distrik IV Toba yang dipimpin oleh kelima Pimpinan HKBP.

Pada ibadah tersebut dibacakan riwayat pelayanan almarhum oleh Wakabiro Personalia, Pdt. Jhon Edison Silitonga, S.Th. Dilanjutkan dengan pemberian kata Sambutan.

St. M. Simanjuntak mengucapkan terima kasih atas perhatian semua keluarga kepada HKBP Pargaolan dan pelayanan seluruh Pimpinan HKBP atas almarhum.


Pdt. Marjabat Panjaitan, S.Th mewakili pelayan pensiun menerangkan kepemimpinan PWT Simanjuntak ketika ia menjabat sebagai Ephorus HKBP. Pesan-pesan almarhum semasa hidupnya menunjukan kerinduan beliau bagi kebaikan HKBP di masa yang akan datang. 


Praeses HKBP Distrik IV Toba, Pdt. Julson Pasaribu, M.Th mewakili pelayan berterima kasih atas perhatian pemerintah Kabupaten Toba. Kemudian, Pdt. Julson menyebutkan bahwa Pdt. PWT Simanjuntak telah memperlihatkan ketokohannya di gereja, bangsa, dan negara melalui pelayanan almarhum semasa hidupnya. Beliau pernah menjabat pendeta Resort, Anggota MPRS/DPRS RI, Praeses, Dosen/Pembantu Ketua STT HKBP dan Ephorus HKBP di Periode 1992-1998


Mewakili Pemerintah disampaikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Toba, Tony Simanjuntak. Beliau menyampaikan agar semua keluarga yang ditinggalkan almarhum diberi Tuhan ketabahan dan kekuatan. Beliau juga berharap kepada Pimpinan HKBP agar tetap bekerjasama dalam membangun Kabupaten Toba, khususnya pemutusan penyebaran Covid-19.


Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga menyebut semua Pimpinan HKBP turut berdukacita atas meninggalnya almarhum sebagai tokoh gereja, masyarakat, bangsa dan negara. Banyak keteladanan yang diberikan almarhum kepada hamba-hamba Tuhan. PWT Simanjuntak juga sebagai pelayan dan pemimpin yang melayani dengan ketulusan hati.


Pihak keluarga almarhum menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan HKBP, Pemerintah Kabupaten Toba dan semua hadirin. Keluarga merasa terharu atas cinta kasih yang ditunjukkan oleh banyak pihak.


Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar memberi peneguhan kepada keluarga dari Firman Tuhan yang tertulis dalam Kitab Ayub 1: 21. Kita harus memuji Tuhan sebab lahir tokoh gereja HKBP dari Pargaolan. Pdt. Cirileus Simanjuntak, Praeses HKBP orang tua dari Pdt. Dr. PWT. Simanjuntak lahir di Pargaolan. Tuhanlah memberi hambaNya yang tulus hati bagi keluarga dan gerejaNya. Ia menjadi teladan bagi banyak orang. Keteguhan imannya luar biasa, ketika ia sakit juga dapat tersenyum. Ephorus menekankan kepada para pelayan agar meniru pelayanannya, cinta kasih pada gerejaNya dan kesetiaan kepada Tuhan. Jika Tuhan memberi, Tuhan juga mengambilnya. Semua orang juga harus kembali kepada Sang Pemilik.


Ephorus bersama pelayan penuh waktu di Distrik VIII DKI Jakarta juga telah melayankan peneguhan kepada keluarga, pada hari Minggu (30/5/2021), ketika almarhum disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Jakarta. Demikian juga anak-anak almarhum, Pdt. Dr. SAE Nababan mengadakan acara penghiburan kepada keluarga pada tanggal 31 Mei 2021 di tempat disemayamkan Pdt. Dr. PWT. Simanjuntak. Kehadiran mereka menunjukkan rekonsiliasi dan kesatuan telah utuh di HKBP. (B-TIK)