"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Ibadah Syukuran Awal Tahun Di Kantor Pusat HKBP

Selasa, 4 Januari 2022, Kantor Pusat HKBP menggelar Ibadah Syukuran Awal Tahun (Open House) yang bertempat di pelataran Gedung Raja Pontas Lumbantobing Pearaja, Tarutung. Gelaran acara ini dilaksanakan dengan mengusung tema: Sehati, sepikir dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan (Filippi 2:2), dan sub tema: “Mewujudkan kesehatian dan kesetiakawanan bagi gereja, masyarakat dan bangsa.” Dalam ibadah syukuran awal tahun ini, sekaligus melaksanakan Launching Orientasi Pelayanan Tahun 2022: Tahun Kesehatian; dalam persekutuan, kesaksian dan pelayanan. Di sela acara, turut mengumumkan pemenang sayembara cipta lagu dan logo Tahun Kesehatian HKBP 2022, yang dibacakan oleh Ka. Biro TIK Kantor Pusat HKBP, Pdt. F. Siagian, STh. Cipta logo Tahun Kesehatian dimenangkan oleh Hotman Sinaga dari HKBP Maduma Ressort Agape Distrik XXII Riau, sedangkan sayembara cipta lagu Tahun Kesehatian HKBP 2022 diraih oleh Pdt. Harminto Sihombing, STh.

Sebelum ibadah dimulai, Bupati Tapanuli Utara, Bapak Drs. Nikson Nababan, MSi didaulat untuk menyampaikan kata sambutan bertujuan  menyambut kehadiran Menteri Sosial RI, DR. (H.C) Ir. Tri Rismaharini, MT. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Risma atas kehadiran dan segala perhatiannya. Selain itu, Nikson Nababan juga menyampaikan harapannya agar perpres pembangunan universitas di Tapanuli Raya dapat memenuhi rencana yang diharapkan. Beliau memohon doa restu agar dapat memimpin Tapanuli utara ini dengan baik. Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Menteri Sosial RI, DR. (H.C). Ir. Tri Rismaharini, MT. Ibu Risma menyampaikan rasa sukacitanya, dapat hadir di ibadah syukuran awal tahun Kantor Pusat HKBP tahun 2022. Dalam sambutannya, beliau mengajak para orangtua agar dapat memberikan pengajaran/pengenalan sejak dini terhadap anak-anak, bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu, perlu ditanamkan rasa untuk saling menghormati dan menghargai. Tidak lagi ada perbedaan bagi penyandang disabilitas, serta memberikan tempat bagi mereka di seluruh pelosok dan lingkungan.



Ompui Ephorus dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Ibu Risma dan Bupati Tapanuli Utara dalam ibadah syukuran awal tahun Kantor Pusat HKBP tahun 2022. Sesuai dengan orientasi tahun kesehatian yang telah ditetapkan tahun ini, Ephorus mengharapkan agar seluruh Pendeta HKBP dapat sehati dan sepikir dalam mewujudkan tahun kesehatian ini, untuk menjadi berkat bagi bangsa kita. Beliau juga menambahkan, agar seluruh distrik di negeri ini bersiap dan aktif melakukan pelayanannya terhadap kaum difabel, supaya mereka tidak merasa dikucilkan, berkecil hati, dan merasa tidak diperhatikan. Namun sebaliknya, mereka merasa diperhatikan, dihargai, dicintai, dan disayangi. Pdt. Dr. Robinson juga menambahkan, bahwa HKBP tengah mempersiapkan kegiatan terapi yang bekerja sama dengan BPODT dan di bidang pelatihan kuliner, serta peningkatan ekonomi dan koperasi. Ephorus juga tak lupa menyampaikan salam hangat kepada Bapak Presiden RI beserta jajarannya, untuk selalu bersama menopang kita dan saudara-saudari kaum difabel yang selalu bersungguh-sungguh.


Usai kata sambutan, acara dilanjutkan dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, MTh sebagai pengkhotbah, liturgis oleh Pdt. Daminna Lumbansiantar, STh, dan doa syafaat dibawakan oleh Pdt. Sonta Rose Nainggolan, STh.


Dalam khotbahnya yang dikutip dari Filipi 2:2, Pdt. Daniel mengatakan bahwa Gereja HKBP adalah gereja yang sangat demokratis. Di semua level, kita cenderung melakukan proses-proses demokrasi, termasuk untuk pemilihan. Dalam pemilihan, kita selalu demokratis, dan itu tertulis dalam aturan kita dengan sistem voting (suara terbanyak), bukan musyawarah atau mufakat (aklamasi). Ini adalah gambaran bahwa tema tahun kesehatian tidak hanya sekedar retorika, tetapi betul-betul masuk ke dalam hati kita, maka kita perlu memahami dan menghayati tahun kesehatian ini dalam konteks gereja yang demokratis. Oleh karena itu, beliau mengajak agar semua pelayan mendekat kepada Allah dan menyatukan tujuan, yaitu memberikan kemuliaan bagi Tuhan dengan menerapkannya di semua level, aras gereja, baik di tingkat hatopan, distrik, resort, atau jemaat, supaya kita betul-betul fokus kepada tugas yang diberikan Tuhan, sehingga tahun kesehatian ini dapat tercapai.

Selain dihadiri oleh Menteri sosial RI dan Bupati Tapanuli Utara, Ibadah Syukuran Awal Tahun juga dihadiri oleh beberapa Praeses, Kapolda Sumatera Utara: Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra Simanjuntak, MSi, Gubernur Sumatera Utara: Letnan Jenderal TNI (Purn) Edy Rahmayadi, dan Menko Marves RI: Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A. (secara virtual). Turut hadir para tamu undangan dari Panti karya Hepata HKBP.


Usai ibadah, acara dilanjutkan dengan Launching Tahun Kesehatian HKBP 2022. Dilanjutkan dengan kata sambutan mewakili warga jemaat, yaitu St. Edison Manurung . Beliau mengajak seluruh jemaat HKBP di seluruh wilayah agar mendoakan dan mendukung pimpinan HKBP yang telah berkorban menyelesaikan hutang HKBP, dengan harapan agar kedepannya HKBP dapat semakin baik, bersinar, dan menjadi berkat bagi dunia. Kata sambutan dilanjutkan oleh Gubernur Sumatera Utara. Beliau menekankan pentingnya kasih sayang, meskipun kita berbeda-beda. Hendaknya kita tetap bersahabat dan menjadi saudara satu sama lain.



Merespon kata sambutan, Ephorus HKBP menyampaikan bimbingan pastoral. Beliau mengajak seluruh pemimpin agar bersama-sama menopang saudara saudari kita kaum difabel di seluruh distrik, karena yakinlah, ketika kaum difabel tidak dialayani dengan baik, tidak akan ada kesejahteraan di negeri kita ini. Marilah kita bersama-sama berdoa agar HKBP bersiap melayani kaum difabel. Lebih lanjut, Pdt. Dr. Robinson menambahkan bahwa HKBP akan bersehati mengadakan kemah pemuda, karena pemuda-pemuda gereja sudah kehilangan kebersamaan, dan sebagai anak-anak bangsa, kita tidak boleh melakukannya sendiri, tetapi bersama-sama, baik dalam konteks pusat, distrik, dan resort, supaya kesehatian HKBP menular dengan positif. Tak lupa, Ephorus juga menyemangati seluruh Praeses HKBP dalam pelayanannya, karena mereka adalah perpanjangan tangan Ephorus dalam menjalankan setiap pelayanan di distrik.


Menko Marves Luhut Pandjaitan dalam sambutannya merespon baik pelayanan dan kinerja Ompu i Ephorus yang selalu melakukan terobosan-terobosan baru di HKBP. Beliau juga mengajak para hadirin untuk mendukung Ephorus dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Menurutnya, gereja dapat menjadi contoh dan panutan bagi seluruh warga. Utamanya penerapan protokol kesehatan, gereja juga dapat menjadi contoh efisiensi di berbagai lini, dan HKBP dapat menjadi contoh dalam menyelesaikan berbagai masalah. Beliau juga menghimbau agar warga masyarakat dapat menjaga kekompakan dan menyingkirkan segala perbedaan yang ada, agar dapat saling menghormati segala perbedaan tersebut.

Acara ditutup dengan makan bersama, dan doa dibawakan oleh Pdt. Hasudungan Manalu, STh (Praeses HKBP Distrik II Silindung). Acara berjalan dengan baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.