"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Jubileum 75 Tahun, Ephorus: Tetaplah Setia Jemaat HKBP Singapura dan Special Thanks TMC

Ruang Virtual, HKBP.or.id - Mengusung tema sederhana namun bermakna, kebaktian mensyukuri 75 Tahun HKBP Singapura berlangsung di Gereja Tamil Methodist Church, Singapura pada Minggu 28 November 2021. 


Mengapa kebaktian syukur tersebut berlangsung di sana? Hal tersebut berawal dari sebuah insiden kecelakaan  lalu lintas yang menyebabkan seorang pemuda batak meninggal dunia di Singapura. Komunitas Kristen Batak di sana tidak menemukan adanya gereja dan pendeta yang bisa melayani penguburan. Namun, akhirnya Tamil Methodist Church (TMC) bersedia melayaninya. 

Melihat kesulitan pelayanan kepada masyarakat Batak yang bekerja di Singapura,  Pendeta TMC tergerak hatinya untuk mendorong masyarakat Batak di sana untuk beribadah di TMC. Sejak saat itu komunitas Kristen Batak di sana mendaftarkan diri sebagai bagian dari Huria Kristen Batak Protestan. 


Hadir online dari Bandung, Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menyapa dan meneguhkan semangat serta pengharapan warga jemaat yang selama 75 tahun ini masih menumpang beribadah di TMC. 

Ephorus juga turut  menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pimpinan TMC, Rev. Vijay Joseph, "Saya mewakili 6 juta jiwa warga HKBP mengucapkan terimakasih kepada anda dan kepada semua warga jemaat TMC, yang selama 75 tahun ini berbaik hati kepada HKBP. Kiranya Tuhan memberkati Anda serta pelayanan anda dan semua warga jemaat TMC." 


Tidak hanya itu, Ephorus yang punya hubungan emosional kepada warga HKBP Singapore ketika studi doktoral, juga menyampaikan apresiasinya kepada 4 keluarga warga jemaat dan 8 majelis HKBP Singapore yang selama ini begitu setia menopang pelayanan. 

"Tetaplah kuat, bersemangat, dan setia dalam Tuhan. Serta tak bercacat dan hiduplah kudus di dalam Tuhan," ungkapnya. 


Pdt. Frans Sianipar, M.Th, pimpinan jemaat HKBP Singapura berharap generasi ketiga tetap setia dan bersemangat melayani dan menyembah Tuhan dalam setiap situasi. 

Praeses HKBP Distrik XX Kepri, Pdt. Renova Sitorus, serta tokoh pemerhati HKBP seperti Jumaga Nadeak yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kepri dan R.E. Nainggolan, penerima Nommensen Award, serta drg. Anita (YSKI) juga hadir online. Juga turut hadir dua orang pendeta yang pernah melayani di HKBP Singapore, yakni Praeses IX Sibolga Tapteng Nias, Pdt. Donda Simanjuntak dan Pdt. Timbul Hutahaean pada kebaktian syukur yang hasilnya perayaannya disampaikan ke Panti Karya Hepata, SMA HKBP Pematangsiantar, serta Dana Pensiun HKBP. (SKE_JFS)

Pustaka Digital