Jubileum 75 Tahun HKBP Pontianak; Berkat Tuhan Lintas Generasi

Minggu, 27 Agustus 2023 merupakan acara Puncak Jubileum 75 Tahun HKBP Pontianak dengan acara ibadah dan perayaan. Ibadah dipimpin oleh Ompui Ephorus Pdt. Dr. Robin Butarbutar dan liturgis Pdt. Nekson M. Simanjuntak, dihadiri para Pendeta Wilayah II Kalimantan Barat dan Pendeta yang pernah melayani di HKBP Pontianak. Dalam khotbahnya yang didasarkan dari 2 Samuel 7:22-29, Ompui Ephorus menyampaikan berkat Tuhan kekal selama-lamanya. Allah memberkati bukan hanya seperti yang dipikirkan oleh Daud, tetapi lebih dari apa yang dipikirkan. Tuhan telah merencanakan yang terbaik bagi umatNya dan demikianlah HKBP Pontianak mempersiapkan generasi Z pada pesta Jubileum 75 tahun ini, Tuhan telah memberkati jemaat dengan memberikan bumi Kalimantan Barat ini bagi warga HKBP dan percaya Tuhan akan memberkati generasi berikutnya lebih dari apa yang telah kita terima sekarang ini. Karena itu jangan ada diantara jemaat yang berpikir pendek tetapi penuh pengharapan menyongsong masa depan yang jauh lebih baik. Tuhan menyertai umatnya sampai akhir zaman. 


Usai ibadah dilanjutkan dengan acara perayaan Jubileum dengan pelepasan burung merpati dan penanaman pohon dan sambutan-sambutan dan diiringi tortor. Acara perayaaan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat Bapak Sitarmiji Taher, Bapak Erwin Tpl. Tobing selaku mantan Kapolda Kalbar, Wakil Kapolda Brigjen Hutajulu dan Wali Kota Pontianak Bapak Edi Rusdi Kamtono, Ketua PGI Kalbar dan jemaat HKBP hasil pemekaran dari Kalimantan Barat. Dalam sambutannya Bapak Gubernur menyampaikan terima kasih kepada warga HKBP dan  warga Batak yang ikut berkontribusi dalam bumi Kalimantan Barat untuk membangun masyarakat dan membangun keharmonisan. Bapak Sitarmiji juga menyampaikan sejauh ia menjabat tidak ada kasus persoalan yang muncul dari berbagai etnis di kalimantan Barat. Usai sambutan Gubernur, Ompui Ephorus menyematkan ulos sebagai ungkapan terima kasih dan tanda persaudaraan dan doa untuk kepemimpinan Bapak Gubernur di Kalimantan Barat. Tidak diduga rupanya bapak gubernur pecinta lagu Batak dan menyanyikan satu lagu Batak usai penyematan ulos. 

Sehari sebelumnya, Sabtu 26 Agustus 2023 dilaksanakan pesta suhut dengan dimulai ibadah dipimpin oleh Praeses, dengan kotbah dari Mazmur 105:1, bersukurlah kepada Tuhan, serukanlah namanya, beritakanlah diantara bangsa-bangsa perbuatanNya. Praeses menekankan jika dibuat flashback latar belakang orang Batak datang ke Pontianak mungkin kita penuh dengan syukur. Mungkin dulu ada yang datang ingin mencari pekerjaan, namun kini telah ada yang menyediakan pekerjaan bagi orang lain, dulu mungkin datang untuk belejar ke universitas disini, tetapi kini telah ada yang menjadi dosen dan guru besar, dulu mungkin mengontrak rumah dan berpindah-pindah tapi kita telah ada rumah yang menetap dan menyediakan kontrakan bagi orang lain. Karenanya dalam khotbahnya, Praeses mengajak jemaat untuk mensyukuri semua itu sebagai berkat dan kasih karunia Tuhan. Dalam pesta suhut semua kompleks menyampaikan syukur melalui tortor dan persembahan masing-masing sektor. 


Acara berjalan dengan baik hati pertama dan kedua, tampak penuh sukacita dan bahagia sebagai ungkapan syukur atas jubileum HKBP Pontianak. Semua itu berkat kerjasama parhalado dan ruas yang dipimpin oleh St. Jahotmer Simanungkalit sebagai ketua umum panitia beserta seluruh kerja keras panitia. Berjubileum merayakan kasih dan penyertaan Tuhan buat HKBP Pontianak. Kiranya dengan jubileum ini terus berkembang dibawah pimpinan Pendeta Ressort Pdt. Parinsan Simanungkalit. (Pdt Nekson M Simanjuntak)