"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Kadep Koinonia HKBP: Bersiap Berarti Setengah Kemenangan Sudah di Tangan

Minggu 05 Desember 2021, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah Minggu Advent II di HKBP Jalan Pelajar Medan. Jemaat HKBP Jalan Pelajar telah memasuki usia 41 tahun, diberi nama demikian karena beralamat di Jln. Pelajar No. 152, Medan. Anggota jemaatnya berjumlah 340 KK, dan memiliki 3 jemaat filial (Batak: pagaran) HKBP Air Bersih, HKBP Eben Ezer, dan HKBP Persatuan Selambo. Jemaat HKBP Jalan Pelajar dilayani oleh tiga orang pelayan fulltime, yakni Pdt. Rohden Sitorus, M, Th., sebagai Pendeta Resort, Gr. B.P. Sihotang, S. Pd.K., dan Bvr. Tiur Tinambunan. Jumlah pelayan lainnya antara lain 14 orang sintua, dan 5 orang calon sintua. Kebaktian Minggu dibagi dalam 3 sesi, Minggu Subuh pukul 06.30 WIB, Minggu Pagi pukul 08.30 WIB, dan Minggu Siang pukul 10.30 WIB. Kebaktian Sekolah Minggu dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB di Gedung Sekolah Minggu secara terpisah.


Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah pada kebaktian pukul 08.30 dan 10.30 WIB. Salah satu penekanan dalam khotbahnya, Pdt. Sinaga mengutip, “’Miguel de Cervantes penulis novel ‘Don Quixote’ yang mengatakan, ‘bersiap berarti setengah kemenangan sudah di tangan.’ Karena itu, dalam hidup ini, kita harus lebih serius dalam persiapan memperlengkapi diri, menghadapi apa pun dalam kehidupan, termasuk dalam menyambut kedatangan Tuhan.


Kita harus benar-benar mempersiapkan diri. Dalam Minggu Advent II hari ini, kita diingatkan supaya benar-benar mempersiapkan diri dalam menyambut Natal – perayaan kelahiran Tuhan Yesus Kristus dan dalam menyambut kedatangan Tuhan Yesus kedua kalinya dalam kekuasaan dan kemuliaan.”


Usai kebaktian Minggu, seluruh parhalado, termasuk parhalado dari jemaat filial berkumpul di gedung serbaguna HKBP Jalan Pelajar untuk menerima pembinaan dari Kepala Departemen Koinonia. Jumlah peserta yang hadir dalam pemberdayaan ini sekitar 38 orang.


Dalam ceramahnya, Pdt. Sinaga menyampaikan topik “Nilai-nilai yang perlu dikembangkan dalam pelayanan” yang didasarkan pada buku tulisannya, “Marhobas Sian Nasa Roha.” Para sintua dengan antusias mengajukan pertanyaan dan beragam respons. Kegiatan pemberdayaan ini dimoderatori oleh St. Siregar dari HKBP Jalan Pelajar. Pemberdayaan singkat ini berakhir pada pukul 15.00 WIB dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (DK-NXC)


Pustaka Digital