"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Keluarga Panti Asuhan Elim HKBP Ibadah Bersama Peringati Jumat Agung


Pada Jumat (2/4/ 2021), Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th., memimpin ibadah peringatan Jumat Agung di Panti Asuhan Elim HKBP, Pematangsiantar, Sumatera Utara.


Peringatan Jumat Agung diadakan di Ruang Makan Panti Asuhan Elim HKBP dengan diikuti 56 anak-anak panti asuhan dan para pengasuhnya, mahasiswa praktek dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) sebanyak empat orang dan Insitute Agama Kristen Negeri (IAKPN) sebanyak 6 orang, serta pelayan dan pegawai dari Kantor Departemen Diakonia HKBP.


Pelayanan liturgis dilakukan oleh Pdt. Evelin Sihombing, M.Th., tim musik dibawakan anak-anak asuh Panti Elim bersama dengan beberapa mahasiswa UKSW. 



Dalam khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Debora Sinaga, beliau mengajak setiap jemaat untuk menghayati Jumat Agung sebagai peristiwa pengorbanan Yesus  di Kayu Salib untuk menanggung dosa manusia. Yesus secara total menyerahkan diri kepada Bapa. Oleh karena itu, ketika manusia mengalami pergumulan berat, penting menyerahkan diri secara total kepada Tuhan. Bukan mencari jalan pintas yang tidak diinginkan Tuhan. 



Ibadah hening dilanjutkan kembali sebagai peringatan peristiwa detik-detik kematian Yesus di kayu salib dengan dilayankan oleh Pdt. Margaret Sianipar, S.Th., dan Perjamuan Kudus dilayani oleh Pdt. Marulitua H. Tambunan, M.Th., selaku bapak asrama di Panti Asuhan Elim. (SKD-DAT)

Pustaka Digital