Kepala Departemen Diakonia HKBP Membuka Pelatihan CPE


Senin, (26/4/2021)- Departemen Diakonia HKBP lewat program Gender Justice Policy (GJP) bekerjasama dengan United Evangelical Mission (UEM) dan didukung oleh Evangelical Lutheran Church In America (ELCA) mengadakan pelatihan Clinical Pastoral Education (CPE) bagi 9 orang peserta dari HKBP dan 5 orang dari gereja tetangga. Kegiatan CPE dilaksanakan tgl. 26-30 April 2021 bertempat di Kantor Departemen Diakonia HKBP Pematangsiantar, Sumatera Utara.

 


CPE dilaksanakan dengan latar belakang akan kebutuhan konselor yang terampil untuk melayani di jemaat, di lembaga atau di tengah masyarakat untuk membantu jemaat yang memerlukan pendampingan, dan agar masing-masing konselor dapat mengenal dirinya lebih dekat dan mengenal potensi yang mereka dimiliki. 





Secara resmi, kegiatan CPE dibuka oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th. Acara dimulai dengan ibadah yang dilayankan oleh Pdt. Cal Pdt Venesia Hutabarat dan renungan disampaikan oleh C. Diak. Yenny Togatorop, S.Ag yang mendasarkan nats renungan dari Mazmur 34:14-15. C. Diak. Yenny menyampaikan akan pentingnya mempertahankan diri agar menjaga bibir untuk tidak berbuat jahat, tetapi hendaknya tetap menjaga kedamaian dan merendahkan diri. 

 


Pdt. Nursini Sihombing, M.Th, supervisor CPE bertindak sebagai fasilitator selama pelatihan, sementara motivasi diberikan oleh Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Sekretaris Jenderal HKBP. Penanggung jawab kegiatan CPE dan program GJP yang berlangsung selama tiga hari ini ialah Pdt. Hotnida Siagian, MM. (SKD-DAT)