"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Kepala Departemen Koinonia HKBP bersama team memberi Pembekalan kepada Guru Sekolah Minggu HKBP Distrik VI Dairi

Kantor HKBP Distrik VI Dairi menjadi wadah tempat berkumpulnya para Guru Sekolah Minggu HKBP (GSM-HKBP) se-distrik VI Dairi untuk mengikuti Pembinaan Guru Sekolah Minggu HKBP yang telah di programkan Distrik, kegiatan dilaksanakan pada hari ini (20/9).

Kegiatan ini diawali dengan peribadahan yang dipimpin oleh Bapak Pdt. Games Purba, S.Th (Pendeta Ressort Sidikalang), dalam peribadah ini Bapak Praeses HKBP Distrik VI Dairi, Pdt. Winner Sitorus membuka secara resmi kegiatan ini di dalam nama Allah Bapa, AnakNya Yesus Kristus dan Roh Kudus, Amin.

Di awal pembekalan, Bapak praeses HKBP Distrik VI Dairi menyampaikan kata sambutan/pembukaan. Ia menyampaikan terimakasih kepada para team yang hadir untuk membekali Para Guru Sekolah Minggu se-distrik ini serta sangat berharap kepada para peserta agar lebih serius nya dalam mengikuti setiap sessi di pembekalan ini. Sehingga semakin meningkatkannya pelayanan kita terhadap anak Sekolah Minggu di HKBP Distrik VI Dairi ini. Tuhan memberkati kita

Bapak Pdt. Martongo Sitinjak memberikan pembekalan kepada GSM-HKBP tentang “memberitakan injil Anak Sekolah Minggu HKBP”, Pdt. Morhan Doloksaribu dan Pdt. Boho Pardede menerangkan tentang Kurikulum Sekolah Minggu HKBP dan Buku Ende Sekolah Minggu HKBP.

Dalam pembekalannya, Kadep Koinonia HKBP mengawali pertemuan ini dengan bertegur sapa, dengan pertanyaan yang menggelitik namun menyentuh para GSM akhirnya membuat para peserta tertawa dan tersipu malu. Pertanyaan yang disampaikan adalah “apakah mengenali (mananda) seluruh Anak Sekolah Minggu yang hadir dan beribadah di Gereja?”. Berangkat dari pertanyaan tersebut, Kadep Koinonia menekankan kepada peserta agar lebih merajut hubungan empsional yang lebih dalam kepada Anak Sekolah Minggu.

 GSM-HKBP dihantarkan agar kehidupannya sampai kepada Tuhan, mengenal Tuhan dan mengasihi Tuhan sebagaimana di HKBP. Mendalami ajaran HKBP yang sebenarnya sesuai dengan dogma HKBP dengan mencintai Buku Ende HKBP  dan dokumen-dokumen teologi HKBP. Begitu hebatnya dan sangat dalamnya (bagas) teologi HKBP dalam nyanyian Buku Ende HKBP yang memudahkan untuk menginternalisasikan dogma HKBP, namun kita lebih memilih lagu-lagu yang menyenangkan hati dan telinga yang belum jelas teologinya dan tidak sesuai dengan ajaran HKBP untuk di nyanyikan di gereja kita. Dipaso (dihentikan) lah kiranya itu dan mari lebih selektif menggunakan lagu-lagu di Sekolah Minggu HKBP, harap Pdt. Dr. Martongo Sitinjak.

Pemaparan serta Diskusi selama Pembekalan berlangsung sangat baik. Rasa gembira serta rasa antusias tetap bertahan hingga akhir sessi. Para peserta menyampaikan rasa terimakasih kepada team Koinonia HKBP yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Martongo Sitinjak, sebab cakrawala pemahaman dan penghayatan tentang ajaran/dogma HKBP yang kami imani dan pahami semakin mendalam.

Hidup-lah di dalam Tuhan dan Tuhan-lah yang hidup di dalam kita, ingkon tarihot do GSM-HKBP tu Tuhan i molo naeng boanonta dakdanak i tu Jesus Kristus, Firman Bekerja di setiap kehidupan dan pelayanan kita terhadap Anak Sekolah Minggu, lugas bapak Kadep. Tuhan Yesus menjagai, Tuhan Yesus mengasihi, Tuhan Yesus memberkati dan Tuhan Yesus memelihara para GSM-HKBP, tutupnya.