"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Kepala Departemen Marturia HKBP Lakukan Kunjungan Ke Pos PI Sei Metas


Tanjung Pal (09/02/2021), Kepala Departemen Marturia HKBP, Pdt. Kardi Simanjuntak, S.Th., M.Min., didampingi Kepala Biro Zending HKBP, Pdt. Hotman Nababan, S.Th., dan rombongan tiba dari Tarutung menuju Tanjung Pal pada pukul Selasa, pukul 13.10 WIB di rumah koordinator zending daerah Tanjung Pal sekitarnya. Diskusi ringan mengenai sejarah berdirinya pos pelayanan pekabaran Injil Tanjung Pal dilakukan siang itu. Pos PI ini berawal dari kerinduan para suku Batak yang merindukan adanya persekutuan satu iman di daerah perantauan. Meskipun sulit karena adanya perbedaan suku dan budaya, tetapi pelopor pekabaran injil tetap semangat untuk mengabarkan Injil di daerah Tanjung Pal ketika itu sehingga saat ini Pos Tanjung Pal telah melayani jemaat sebanyak 50 KK.  

Bergegas dari Pos PI Tanjung Pal, Kadep Marturia dan rombongan berangkat menuju pos PI Zending HKBP Sei Metas. Jarak tempuh yang diperlukan menuju Sei Metas kurang lebih 70-90 menit menggunakan kapal penumpang ukuran kecil. Setibanya di dermaga, rombongan diantarkan menuju gedung gereja yang masih sangat sederhana menggunakan sepeda motor. Beratapkan rumbia, berdindingkan kayu bulat dan berlantaikan tanah, bangunan itu menjadi tempat jemaat Sei Metas memuji Tuhan setiap minggunya.


Rencana pengembangan pembangunan fisik telah direncanakan jemaat dan majelis jemaat dengan ukuran tanah yang telah dimiliki sebesar 50x150m2, yang terletak di Dusun III Mungkal, Desa Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Saat ini Pos Sei Metas dilayani oleh CPdt. Elfrida Manurung dibantu dengan empat orang sintua, dengan jumlah jemaat sebanyak 30 KK. Tentang keadaan ini, Pdt. Kardi Simanjuntak menyampaikan, “Kas untuk pembangunan saat ini sudah mulai terkumpul sedikit demi sedikit, tetapi masih membutuhkan bantuan dari kita. Bagi siapa saja yang ingin membantu pembangunan ini dapat menghubungi Kepala Biro Zending HKBP, Pdt. Hotman Nababan, S.Th.”  (JLS)



Pustaka Digital