"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

Ketahanan Pangan Melalui Perikanan Secara Bioflok

Bertempat di Training Center Asrama Siloam Panti Karya Hephata HKBP, Sabtu, 2 Oktober 2021 Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt. Debora Purada Sinaga M.Th. bersama beberapa pemerhati yakni, Ketua Sekolah Tinggi Bibelvrouw HKBP Pdt. Dr. Benny Sinaga, Ketua Sekolah Tinggi Diakones HKBP yang diwakili oleh Diak. Lamria Sinaga dan Pimpinan Panti Karya Hephata HKBP sendiri Pdt. Binsar Nababan S.Si (teol). melakukan penebaran bibit ikan lele, gurami dan nila. Masih dalam rangka mengupayakan ketahanan pangan yang berkualitas dan memadai, penaburan bibit ikan ini diharapkan memberi peluang bagi Panti Karya Hephata HKBP untuk lebih memahami dan menguasai praktik budi daya perikanan yang tentunya berdampak bagi kehidupan.



Terlebih, bahwa melalui program ini, Panti Karya Hephata HKBP dapat menjadi contoh dan merangsang masyarakat untuk turut aktif melakukan hal peternakan perikanan untuk ketahanan pangan keluarga. Adapun budi daya ikan ini dilakukan dengan metode perikan bioflok dimana ikan dipelihara dengan sistem sirkulasi oksigen dengan kadar air dan suhu yang telah teraplikasi secara profesional. Hal ini lebih efektif dikarenakan ikan akan dapat bertumbuh di dalam kadar air yang sehat bebas dari bibit penyakit. Panti Karya Hephata HKBP juga berkesempatan untuk mendapat bimbingan dan dampingan dari Dinas Perikanan dan Pertanian pemerintah kabupaten Toba untuk lebih memajukan kualitas hasil perikanan.


Mari kita dukung program ketahanan pangan ini dengan menerapkannya di tengah-tengah masyarakat terlebih mendukung upaya Panti Karya Hephata HKBP untuk lebih mandiri dan dapat mensupport diri sendiri dalam ketahanan pangan. HKBP menjadi berkat.