Komite Transformasi HKBP

Pada Kamis, 1 Februari 2024, Komite Transformasi HKBP yang saat ini beranggotakan St. Ir. Albert Simanjuntak, MBA., Ir. Elisa Lumbantoruan, dan St. Ir. Marangkup Manik, MM., memprakarsai workshop yang dihadiri oleh berbagai unsur pelayanan HKBP. Di antaranya adalah Praeses dari empat distrik di Jabodetabek, Komisioner BPSK HKBP, Tim Monitoring Sentralisasi Keuangan, Komisi Pengembangan Sumber Daya Pelayan HKBP, dan Balitbang. Workshop ini diadakan terutama untuk membangun program transformasi HKBP. Setelah saling memaparkan pandangan mengenai kondisi HKBP saat ini, semua unsur dalam workshop ini sepakat bahwa transformasi HKBP mendesak untuk dilakukan. 




Workshop yang dimulai pukul 8.30 dan berakhir pukul 16.30 di Sopo Marpingkir HKBP, Jakarta, ini menghasilkan beberapa buah pikiran strategis yang akan dipresentasikan pada Rapat MPS HKBP pada 7-9 Februari 2024 di Pearaja, Tarutung. Khusus untuk tahun 2024, yaitu tahun terakhir dari periode kepemimpinan saat ini, ada empat prioritas transformasi yang hendak kita lakukan bersama: 

1.Memperbarui janji, karakter, kultur, dan kemampuan pelayan dan warga jemaat serta institusi HKBP.

2.Evaluasi pelaksanaan sistem sentralisasi keuangan HKBP.

3.Penguatan organ-organ dan birokrasi HKBP.

4.Penguatan sistem dan kinerja Pengembangan Sumber Daya Pelayan HKBP.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, Komite Transformasi HKBP membentuk tim-tim kecil yang akan fokus membangun program-program empat prioritas di atas. Komposisi tim kecil ini akan dikonsultasikan kepada Pimpinan HKBP dan akan dilaporkan pada Rapat MPS tanggal 7-9 Februari ini. 




Komite Transformasi HKBP mengemban tugas berat dan genting saat ini karena diharapkan bisa menjadi motor perubahan dalam tubuh HKBP yang menyasar semua lapisan di dalamnya, mulai dari pelayan tahbisan, warga jemaat, dan tentu saja institusi HKBP itu sendiri.



Perubahan yang fundamental ini diperlukan oleh HKBP agar tetap relevan untuk warga jemaat dan masyarakat dalam rangka mewujudnyatakan visinya untuk menjadi berkat bagi dunia. Mari bersama mengambil bagian dalam proses perubahan ini demi HKBP yang jauh lebih baik. Salam Transformasi. 


Pustaka Digital