"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

Koordinasi dan Pemberdayaan Kemitraan HKBP 2021


Kamis, 25 Februari 2021, bertempat di Gedung Oval Kantor Pusat HKBP, Pearaja, Tarutung, Sumatera Utara, berlangsung Rapat Koordinasi dan Pemberdayaan Kemitraan HKBP tahun 2021. Rapat dimulai pukul 10.08 WIB dengan Ibadah yang dipimpin praeses HKBP Distrik II Silindung, Pdt. Hasudungan Manalu, S.Th. Kemudian Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, memimpin rapat ini dengan terlebih dahulu meminta peserta rapat memperkenalkan diri masing-masing.

Dalam kata sambutan dan laporannya, Pdt. Sondang Napitupulu, M.Th., sebagai Sekretaris Mitra sekaligus Kepala Biro Oikumene HKBP menyampaikan bahwa ada dua keistimewaan Rapat Koordinasi dan Pemberdayaan Kemitraan HKBP 2021 ini, pertama, koordinasi kemitraan HKBP dikembalikan di bawah Biro Oikumene-Departemen Koinonia HKBP, yang selama ini sempat berada di bawah naungan kesekretariatan jenderal HKBP. Kedua, untuk pertama kalinya rapat koordinasi kemitraan dihadiri 7 praeses dan 3 pimpinan lembaga HKBP yang bermitra, maka dengan bangga Pdt. Sondang mengajak hadirin bertepuk tangan sebagai bentuk apresiasi.



Pdt. Dr. Deonal Sinaga sebagai Kepala Departemen Koinonia HKBP dalam memimpin rapat menekankan bahwa selama ini hubungan kemitraan di HKBP sudah berjalan dengan baik, hendaknya hubungan yang baik ini dapat terus dipelihara dan ditingkatkan. Kendati dunia saat ini masih menghadapi pandemi Covid-19, Pdt. Deonal menghimbau agar kemitraan ini tetap dapat berlangsung dengan baik dan masing-masing distrik diharapkan berinovasi dan kreatif dalam membina dan membangun kemitraan ini.

Pukul 11.17 WIB Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar dipersilahkan menyampaikan arahan dan bimbingan. Beberapa penekanan bimbingan Ephorus dapat di akses pada link https://hkbp.or.id/article/rapat-kemitraan-hkbp-perdana-dilaksanakan


Sebelum acara makan siang, pukul 12.34 WIB diadakan sesi foto bersama di depan gedung Kantor Pusat HKBP seluruh peserta rapat bersama Ephorus HKBP. Selanjutnya pada sesi Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan menyampaikan arahan terkait dengan pengelolaan keuangan kemitraan agar distrik-distrik dan lembaga HKBP yang bermitra berupaya menjaga kepercayaan yang diberikan oleh mitra dari luar negeri dengan mendistribusikan dana yang tersedia ke pos-pos yang telah ditetapkan.

Pada bagian akhir rapat, masing-masing distrik dan lembaga melaporkan program anggaran yang berjalan maupun yang tertunda sepanjang tahun 2020 diselingi tanggapan dari peserta rapat maupun dari pimpinan, dan rencana program di tahun 2021. Satu kalimat yang sering digaungkan selama rapat berlangsung adalah, “Selamat bermitra!” sebagai kalimat penyemangat dan motivasi bagi hadirin, dan kalimat itu juga yang menjadi penutup dari Sekretaris Jenderal HKBP sebelum rapat diakhiri dengan Ibadah. Rapat berakhir tepat pukul 17.00 WIB. (KDK-NXC)