Kunjungan Pastoral Ompui Ephorus HKBP Bersama Sekjen dan kepala Departemen Diakonia HKBP Kepada Korban Gempa Cianjur

Hari ini Rabu, 23 Nov 2022, Ompui Ephorus HKBP berserta Sekretaris Jendral dan Kepala Departemen Diakonia, mengunjungi korban terdampak gempa bumi yang mengguncang wilayah Cianjur sekitarnya yang terjadi pada pukul 13.21 WIB pada tanggal 21 November 2022 yang lalu dengan kekuatan 5,6 SR menyebabkan jatuhnya korban. Pusat gempa berada di 10 Km Barat Daya Kab. Cianjur dengan kedalaman 10 Km.




Sebanyak 268 orang meninggal dunia dan diantaranya 122 orang sudah teridentifikasi. Terdapat 151 orang dilaporkan hilang dan masih dalam tahap pencarian. Sebanyak 1.083 orang mengalami luka-luka, sebanyak 58.362 pengungsi tersebar di beberapa titik. Untuk kerusakan infrastruktur, telah tercatat sebanyak 22.198 rumah rusak dengan rincian rusak berat sebanyak 6.570 unit, rusak sedang sebanyak 2.071 unit dan rusak ringan sebanyak 12.641 unit. Sementara itu, infrastruktur terdampak lainnya adalah beberapa pesantren yang rusak berat, 1 RSUD Cianjur rusak ringan, 4 gedung pemerintahan rusak, 3 sarana pendidikan rusak, dan juga sarana ibadah. Gempa juga menyebabkan tanah longsor. 




Pada kesempatan itulah pimpinan HKBP Ompui Ephorus mengunjungi salah satu desa yang paling  terdampak gempa yakni Desa Cikancana dimana 90% bangunan di desa itu hampir rubuh dan tidak bisa dipergunakan lagi. Semua penduduk di desa Cikancana tinggal di tenda pengungsian. Pada kesempatan itu, Ompui Ephorus berserta pimpinan HKBP dan Praeses di lima Distrik HKBP, (DKI Jakarta, Distrik Deboskap, JABARTENDIY, Banten, Cianjur dan Distrik Bekasi), mendirikan Posko Peduli kemanusiaan untuk menolong warga yang terdampak. Serta menyerahkan secara simbolis bantuan berupa beras, minyak makan, gula, mie instan dan selimut kepada warga yang terdampak gempa. Pimpinan HKBP juga memberikan bantuan berupa materi kepada pondok pesantren yang rubuh akibat gempa. Ompui juga mengunjungi pengungsi di tenda dan memberi semangat dan penguatan  kepada warga  yang mengalami dukacita karena kehilangan anggota keluarga. 




Pihak warga terdampak gempa merasa bersyukur atas kunjungan yang dilaksanakan oleh Ompui Ephorus berserta sekretaris jenderal dan Kadep Diakonia HKBP yang melakukan kunjungan Pastoral dan penguatan kepada warga yang terdampak gempa. Selanjutnya, Ompui Ephorus  juga mengunjungi dan bersilaturahmi dengan jemaat HKBP Cianjur yang dipimpin oleh amang St. J Sitorus untuk memberikan bantuan serta menyerahkan tindak lanjut posko Diakonia HKBP yang telah berdiri kepada pimpinan jemaat HKBP Cianjur.