Lebih Dari 1000 Orang Ikuti Ibadah Natal Di HKBP Delitua

Sabtu, 25 Desember 2021, lebih dari 1000 orang mengikuti ibadah Natal di HKBP Delitua, Resort Delitua, Distrik X Medan-Aceh. Ibadah terbagi ke dalam dua sesi ibadah, pukul 07.30 WIB dan Pukul 10.30 WIB. Kedua sesi kebaktian ini dilayani Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Koinonia HKBP sebagai pengkhotbah, dan Pdt. Doli Gultom, S.Th., pendeta HKBP Resort Deli Tua, sebagai liturgis. Jumlah pengunjung kebaktian sesi pertama mencari 700 orang, dan sesi kedua mencapai 600 orang. Oleh karena jumlah pengunjung gereja pada kebaktian Natal ini membludak, maka disediakan tenda di depan gedung gereja demi menerapkan prokes. Dalam kebaktian Natal ini, sakramen Perjamuan Kudus juga dilayankan kepada para jemaat.


HKBP Delitua tadinya terletak di Jln. Banyumas No.3 Kec. Delitua. Namun sejak dua tahun terakhir, telah dipindahkan ke kompleks Perumahan D.L. Sitorus di Jalan Besar Delitua Biru-biru. Proses pembangunan gedung gereja baru masih terus berlangsung hingga saat ini. Urgensi pembangunan gedung baru ini adalah karena kapasitas gedung lama tidak mampu manampung jumlah pengunjung gereja setiap kebaktian. Kendati kondisi gedung gereja baru masih dalam proses pembangunan, warga jemaat tetap antusias mengikuti kebaktian dan terus berupaya menyelesaikan proses pembangungan gedung gereja baru itu.


Jumlah anggota jemaat HKBP Delitua sekitar 670 KK dan dilayani dua orang pelayan penuh waktu, Pdt. Doli Gultom dan Cal. Diak Riris Situmeang, S.Ag. Baik dalam kebaktian sesi pertama, maupun sesi kedua, para warga jemaat terlihat sangat antusias mengikuti jalannya kebaktian, terutama Sakramen Perjamuan Kudus, dengan tetap menerapkan prokes.


Dalam khotbahnya, pendeta Sinaga memotivasi warga jemaat agar tetap setia pada tuntunan Tuhan. “Allah hadir di tengah-tengah kita. Karena itu, kita dapat menyaksikan kemuliaan yang diberikan kepadanya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia, dan kebenaran. Inilah sukacita besar di bumi yang sarat dengan dosa dan kegelapan. Di tengah kegelapan, terang Allah bersinar, di tengah penderitaan dan kekelaman, Sang Juruselamat datang, di tengah ketidakpastian. Sang Pembawa Kepastian akan kehidupan kekal benar-benar nyata. Itulah berita sukacita besar bagi seluruh dunia,” Ujar pendeta Deonal dalam khotbahnya.



Perayaan Natal ini berlangsung dengan aman dan damai, serta penuh sukacita. Hal itu terlihat dari sukacita warga jemaat berswafoto di depan altar gereja yang baru saja selesai dibenahi. Tak lupa juga berswafoto dengan para pendeta. (DK-NXC)