"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

MBO & 52 Tahun HKBP Bangun Dolok, Ephorus: Kristus Tujuan Iman Kita

Parapat, HKBP.or.id - "Paulus meninggalkan semua keistimewaannya, bahkan menganggap semua hal tersebut seperti sampah, setelah ia berjumpa dengan Kristus yang adalah tujuan imannya," ungkap Ephorus merefleksikan Filipi 3:4b-14 yang menjadi nas Firman Tuhan.

Minggu Judika, 03 April 2022 menjadi minggu yang istimewa bagi HKBP Bangun Dolok Resort Parapat. Bagaimana tidak, penantian selama dua tahun akhirnya terwujud. Acara Mameakhon Batu Ojahan (indonesia: Meletakkan Batu Penjuru) sekaligus jubileum 50 tahun, seyogyanya dilaksanakan pada tahun 2020. Namun pandemi covid-19 sangat mempengaruhi semua aspek kehidupan warga jemaat.



Seperti namanya "dolok", gereja ini terletak di bukit sebelah timur laut Parapat, yang berjarak 2 km dari pusat kota. Dari puncak bukit ini, kita bisa melihat hamparan luas Danau Toba yang fenomenal itu.


Ephorus berpesan agar seluruh warga jemaat berkomitmen untuk setia menurun alihkan teladan imannya kepada generasi berikut. Tidak hanya itu, warga jemaat diminta berjanji untuk menjaga kekudusan HKBP Bangun Dolok, termasuk pekarangannya. Hal tersebut merupakan pewujudnyataan dari inti sari khotbah, "Kristus adalah tujuan iman orang percaya."


52 tahun yang lalu, tepatnya 26 April 1970 dilaksanakan Baptisan Kudus kepada 30 orang, baik dewasa maupun anak-anak. Saat ini, 57 KK warga jemaat HKBP Bangun Dolok dilayani oleh Pdt. Toga Sihombing.


Turut mendampingi Ephorus dalam pelayanan minggu ini, Pdt. Maurixon Silitonga, Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur, Pdt. Parinsan Simungkalit, Pendeta HKBP Resort Parapat, Pdt. Tumpak Siahaan, Kepala Biro Jemaat HKBP. (SKE_JFS)