"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Mengenang Tokoh HKBP Ephorus (Em) Pdt. Willem T.P. Simarmata, MA

Sabtu (18/6/2022) Ephorus (Em) Pdt. Willem T.P. Simarmata merupakan salah satu tokoh inspiratif HKBP. Beliau terkenal sebagai sosok yang cerdas, bersahaja dan sosok panutan bagi kalangan muda maupun tua. Beliau dengan seruan motivasi bagi kaum muda adalah “Go to the next level” agar para pemuda memiliki semangat dalam meniti karirnya dalam pelayanan dan berbagai pekerjaan.


Beliau menggantikan Ephorus (Em) Pdt. Dr. Bonar Napitupulu sebagai Ephorus HKBP pada periode 2012-2016. Setelah pensiun dari HKBP beliau terpilih menjadi angota DPD RI dari Sumatera Utara pada tahun 2019 dengan perolehan tertinggi 803.638 suara yang menjabat pada tahun 2019-2024. Sebelum masuk pada pemilihan anggota legislatif, beliau telah banyak menduduki jabatan penting. Beliau pernah menjadi staf khusus Sekretaris Jendral HKBP, Dosen Sekolah Pendeta HKBP Seminarium Sipoholon, Direktrur Departemen Pendidikan HKBP, Pendeta Resort Batam Distrik XX Kepri, Sekretaris Jendral HKBP (1998-2008), Dosen STT HKBP (2008-2012), Ephorus HKBP (2012-2016), Dosen UHN Medan (2016-2018).

Selain menduduki jabatan di HKBP beliau juga aktif di beberapa organisasi Dalam Negeri maupun Luar Negeri. Beberapa organisasi tersebut dengan jabatan penting yaitu Sekretaris Cabang GMKI Pematangsiantar, Ketua cabang GMKI Pematangsiantar, Ketua Umum PGI Wilayah Sumut dan Vice Moderator of The Asian Region For The United Evangelical Mission (UEM).

Sosok yang sangat dikenal dengan kebaikannya itu kini telah berpulang ke rumah Bapa di Surga. Jumat, 17 Juni 2022 di RS. Columbia Asia Medan, Sumatera Utara beliau menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan sakit yang beliau alami. Kecintaan jemaat dan masyarakat yang mengenalnya sangat tampak dari ucapan belasungkawa yang datang baik melaui media sosial maupun yang melayat ke rumah duka. Tampak dari laman facebook beberapa pelayat dari berbagai kalangan seperti tokoh agama, para Pelayan Gereja, pemerintah, jemaat dan keluarga.

Segenap Pelayan dan Staf Kantor Pusat HKBP mengucapkan Turut Berdukacita atas meninggalnya Ephorus (Em) Pdt. Willem T.P Simarmata, MA (14 Juli 1954 - 17 Juni 2022). (BiroTIKHKBP)