Minggu Pentakosta I di HKBP Batu Manumpak, Ressort Lontung, Distrik II Silindung | Pdt. Dr. Deonal Sinaga

Minggu, 19 Mei 2024, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah pada kebaktian Minggu Pentakosta I di HKBP Batu Manumpak, Resort Lontung, Distrik II Silindung. Kebaktian Minggu hanya ada satu kali yakni dimulai pukul 10.00 WIB. Pendeta Resort, Pdt. Reni Nainggolan, S.Th., melayani sebagai liturgis, dan Pdt. Robby Sianipar, S.Si. (Teol.) melayani sebagai pendoa syafaat. Ada enam paduan suara yang mempersembahkan kidung pujian, Koor punguan Ina Sion, punguan Ina Kamis, punguan Ina Marta, punguan Ina Ester, punguan Remaja & Naposobulung, dan koor punguan Ama, serta persembahan grup pianika Sekolah Minggu.


Dalam khotbahnya Pdt. Sinaga menyampaikan, “Molo didok topik di Minggu Pentakosta sadari on, “Huaso ni Tondi Parbadia Pasadahon,” sada panghatindanghonon ni haporseaon do i di hagogoon ni Debata marhitehite Tondi Parbadia na tuk mangalehon gogo, bisuk, las ni roha, hatuaon, dohot nasa na ringkot laho patureturehon parngoluon na marhadameon jala marhademahon. Nang pe ragam hamaolon dohot siparungkilhonon songon na taadopi di partingkian on, alai molo mangula Tondi Parbadia di bagasan hita, tarbahen hita do patupahon “transformasi” na mamboan haulion dohot hadengganon di portibi on.”


Lebih lanjut Pdt. Deonal Sinaga menyampaikan, “Molo songgop Tondi i mansohot jala manisi be ma angka pangambati dohot hajahaton na maralo tu lomo ni roha ni Tuhan i. Alani i tung las ni roha bolon do haroro ni Tondi i songon na tapestahon sadari on. “Baen ma gabagaba, dohot bungabunga, nang pelean i! Ai nuaeng ma jumpang, ari parningotan, Pentakoste I; haroro ni Tondi do, ima Tondi Parbadia, masuk tu Huria; Jangkon ma Ibana, ai asi rohaNa, ro tu hita on. Asa sondangonNa, tiur bahenonNa, parrohaon tongtong…” (ida BE. No. 108).”


Jemaat HKBP Batu Manumpak ini terletak di Desa Batu Manumpak, Kec. Pangaribuan. Anggota jemaatnya terdiri dari 145 KK atau sekitar 450 jiwa. Setiap hari minggu jumlah rata-rata yang datang kebaktian sekitar 300 orang. Sedangkan Anak Sekolah Minggu yang mengikuti kebaktian Minggu sekitar 80 orang yang dipimpin dua orang Guru Sekolah Minggu dan satu orang Sintua Ama yang merupakan Seksi Sekolah Minggu. Jemaat ini dibagi ke dalam 2 sektor, yakni Sektor 1, Batu Manumpak, dan Sektor 2, Onan Sabtu. Kedua sektor ini dilayani 10 orang sintua (dua orang di antaranya sintua Ina). 


Menurut penuturan pendeta resort, Pdt. Reni Nainggolan, jemaat HKBP Batu Manumpak ini sangat istimewa karena walaupun sedikit secara kuantitas, tetapi dalam hal membangun gereja (fisik dan persekutuan) warga jemaat sangat antusias dan bersemangat. Salah satu faktor yang mendukung adalah karena warga jemaat masih tergolong ke dalam satu kekerabatan keluarga yaitu marga Gultom, boru-bere. Dalam hal pelayanan kategorial misalnya, sudah lama tidak aktif, tetapi atas prakarsa pendeta resort, PHD Ina, PHD Ama, PHD Lansia, Partangiangan Sekolah Minggu, Partangiangan Remaja Naposobulung dapat aktif kembali. Selain itu parhalado dan ruas juga turut aktif mendukung program Sentralisasi Keuangan


Menurut penuturan warga jemaat yang sudah sepuh, jemaat HKBP Batu Manumpak ini diperkirakan merupakan salah satu jemaat mula-mula di Distrik II Silindung, dan telah berusia lebih dari 100 tahun. Hal ini dapat ditinjau dari usia HKBP Batunadua, Resort Gultom yang telah berusia 135 tahun. Dahulu jemaat ini merupakan jemaat filial dari Resort Gultom. Tetapi pada tahun 1993 Resort Gultom dimekarkan sehingga tujuh jemaat (HKBP Batumanumpak, HKBP Lobugala, HKBP Batunadua, HKBP Hutabaru, HKBP Simaninggir, HKBP Rahutbosi, dan HKBP Pansurnatolu) bergabung menjadi satu resort yang baru, yakni Resort Lontung. Momen peresmian resort itu dirayakan bersamaan dengan Mameakhon Batu Ojahan HKBP Batu Manumpak, oleh Ephorus HKBP, Pdt. Dr. P.W.T. Simanjuntak. Sayangnya jemaat ini belum pernah merayakan jubileum 25, 50, 75, atau 100 tahun sehingga catatan-catatan sejarah itu tidak terdokumentasi dengan lengkap. (DK-NXC)





Pustaka Digital