Orang Berbahagia Kesukaannya Ialah Taurat Tuhan

GAROGA, hkbp.or.id - Delapan jemaat cabang yang berinduk di HKBP Resort Nauli Danohorbo beribadah bersama merayakan 50 tahun jemaat induk Resort Nauli Danohorbo (12/5/2024).

Arak-arakan pelayan penuh waktu dan majelis yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan berjalan menuju kompleks gereja sambil diiringi oleh marching band anak-anak Sekolah Minggu.


Ibadah dilayani oleh Pdt. Hasudungan Manalu, Praeses HKBP Distrik Silindung, sebagai liturgis dan Pdt. Victor Tinambunan sebagai Pengkhotbah.

Khotbah yang disampaikan Pdt. Tinambunan berdasar kepada Kitab Mazmur 1: 1-6.

Dalam khotbahnya Pdt. Tinambunan menyampaikan bahwa ayat berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik berarti juga tidak menyebarkan kejahatan dan juga tidak menyebarkan ajaran sesat.


Di tengah banyaknya kejahatan dan ajaran yang bisa menyesatkan, orang Kristen tetap harus berjalan di jalan yang menurut ajaran Tuhan.

Ajaran yang mungkin sering kita dengar, misalnya "kita masih manusia, bukan malaikat jadi tidak harus baik-baik sekali" untuk membenarkan perilaku jahat yang dilakukan. Pdt. Tinambunan menegaskan "Firman Tuhan ini diberikan untuk manusia, ya untuk manusia, bukan untuk malaikat!"

Pdt. Tinambunan meneruskan, Firman Tuhan menjadi kesukaan orang yang berbahagia. Firman Tuhan bisa menjadi cermin untuk melihat kesalahan dan dosa kita, namun kabar baik Firman Tuhan tetap menjadi kesukaan bagi kita orang yang berbahagia.


Kita berbahagia ketika perkataan, perbuatan, dan hidup kita bisa menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar kita. Seperti visi misi HKBP yaitu menjadi berkat bagi dunia, berbahagialah membawa kebaikan bagi lingkungan, bangsa, dan negara kita, tutup Pdt. Tinambunan dalam khotbahnya.

Ibadah dihadiri juga oleh Pj. Bupati Tapanuli Utara, Bapak Dimposma Sihombing dan Ketua DPRD Tapanuli Utara, Bapak Arifin Rudi Nababan.

Pdt. Joki Manalu selaku Pendeta Resort mengawal jalannya urutan acara dari awal sampai akhir.

(SKS-NS)


Pustaka Digital