Pdt. Debora Sinaga Bekali Penatua Gereja Lutheran

Parapat, 22/10/2021

Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th berikan pembekalan terkait Pelayan Diakonia bagi 33 Sintua/Majelis dan 7 pendeta anggota gereja  Lutheran yang dilaksanakan di Hotel Inna Parapat. 


Pdt. Debora Purada Sinaga sampaikan topik materi : Aksi Pelayanan Dalam Konteks Transformasi, Rekonsiliasi dan Pemberdayaan. Bentuk pelayanan yang diberikan berupa aksi pelayanan Diakonia yang kreatif dengan prinsip menjadi kaya bukan diukur seberapa harta yang kita miliki tetapi berapa banyak yang kita beri. Lewat prinsip tersebut, Diakonia dapat dilakukan tidak terkait masalah kekayaan yang dimiliki tetapi ketulusan hati dalam memberi. Melayani untuk memenuhi kebutuhan orang-orang. Baik itu pelayanan Diakonia secara karikatif, Reformatif dan transformatif. 


Contoh pelayanan Diakonia yang menginspirasi bagi peserta lewat pelayanan yang telah dilakukan seperti memberikan bantuan korban bencana alam, memberikan makan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).  Kunjungan Pastoral Bagi Para Lansia, Memberikan bibit kopi, bibit ikan bagi masyarakat gagal panen di Karang Bangun.  Pelayanan menjangkau orang-orang sakit.  Memberi bibit sayur-sayuran, pelayan kepada Orang Dengan HIV/AIDS, pemberdayaan bagi jemaat di daerah Zending, Pulau Rupat, Riau dan pelatihan beternak mangot

Kantin pemuda yang diberi nama tuonan yang dikelolah pemuda, pelayanan kepada pemuda yang tidak melanjut kuliah dan Rumah Aman bagi korban kekerasan. 


Dalam diskusi, Pdt. Debora Sinaga mengajak peserta berpartisipasi untuk turut aksi Diakonia melalui mengaktifkan Ring Back Peduli Kasih yang mana lagu Gabe Parasiroha yang diciptakan oleh Pdt. Toho Sinaga dan dinyanyikan oleh Anak Panti Asuhan Elim dan Panti Karya Hephata. 


(SKD-DAT)

Pustaka Digital