"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Pdt. Dr. Deonal Sinaga Layankan Khotbah di HKBP Kota Siborongborong


Minggu (18/4/2021), Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Kota Siborongborong, Ressort Kota Siborongborong, Distrik XVI Humbang Habinsaran. Kebaktian dimulai pukul 10.00 WIB. Jumlah jemaat yang datang dalam kebaktian ini sekitar 170 orang. Oleh karena pandemi Covid-19, kebaktian di gereja ini dilakukan dengan protokol kesehatan, setiap anggota jemaat yang tiba di depan gedung gereja harus dicek terlebih dahulu subuh tubuhnya. Bangku gereja yang biasanya diduduki 4-5 orang, kali ini hanya diisi 3 orang saja dengan jarak yang sudah diatur sedemikian rupa.



Gedung gereja ini tidak terlalu besar, namun cukup luas untuk menampung jumlah jemaat yang datang ke gereja rata-rata setiap hari minggu 170-an orang. Kapasitas bangku gereja mencapai 360 seat, belum termasuk balkon yang bisa menampung 25 seat.

 


Jemaat ini sudah berdiri sejak tahun 1957, sebagai jemaat cabang HKBP Ressort Siborongborong. Tetapi sejak tahun 2011 diresmikan menjadi HKBP Ressort Kota Siborongborong. Saat ini dipimpin oleh seorang pendeta ressort, Pdt. Patar Hutagalung, S.Th. Anggota jemaat gereja ini pada umumnya adalah masyarakat pendatang yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para pengusaha sehingga termasuk sebagai jemaat yang majemuk dari segi marga dan dinamika sosial. Jemaat ini dilayani seorang pendeta, 12 orang sintua, dan 2 orang calon sintua. Jumlah anggota jemaatnya sampai tahun ini mencapai 238 KK.

 


Salah satu hal menarik dari jemaat ini adalah, jumlah pengunjung kebaktian gereja setiap hari minggu antara kaum bapak dengan kaum ibu hampir seimbang, tidak seperti di jemaat HKBP pada umumnya yang didominasi kaum ibu saja. Selama kebaktian berlangsung, suasana hening juga terpancar, tidak terlihat aktivitas warga jemaat memainkan HP atau gadget tetapi fokus pada jalannya kebaktian.


 

Seusai kebaktian Minggu pukul 11.13 WIB, seluruh warga jemaat diminta untuk tetap tinggal di dalam gereja untuk mendengarkan ceramah singkat dari Kepala Departemen Koinonia HKBP. Pdt. Patar Hutagalung mempersilahkan Pdt. Deonal Sinaga untuk menyampaikan penjelasan mengenai Tahun Pemberdayaan HKBP 2021. Beberapa orang jemaat yang hadir, memberi pertanyaan dan masukan kepada Kepala Departemen Koinonia HKBP terkait dengan Tahun Pemberdayaan HKBP. Sebagai bentuk apresiasi, Pdt. Patar Hutagalung bersama dewan koinonia menyematkan ulos kepada Pdt. Deonal Sinaga. (DK-NXC)