"Ruar ma hamu, ruar ma hamu sian angka harbangan! Sai pahornop hamu dalan di bangso i! Palentes, palentes hamu dalan balobung i, paduru hamu angka batu, patindang hamu ma partonggol di tongatonga ni angka bangso.

Berjalanlah, berjalanlah melalui pintu-pintu gerbang, persiapkanlah jalan bagi umat, bukalah, bukalah jalan raya, singkirkanlah batu-batu, tegakkanlah panji-panji untuk bangsa-bangsa!"

Jesaya 62:10

Pelamar Direktur AKPER & RSU HKBP Balige Ikuti Fit and Proper Test

Pimpinan HKBP selaku pembina Yayasan Kesehatan HKBP bersama pengurus melaksanakan fit and proper test atau test seleksi kepada pelamar jabatan Direktur Akademi Perawatan (AKPER) dan Rumah Sakit Umum (RSU) HKBP Balige. Seluruh pembina dan sebagian pengurus yaitu Sekretaris Yayasan,  dr. Togar Sialagan hadir secara onsite pada Sabtu (23/10/2021) di ruang oval Kantor Pusat HKBP, Pearaja Tarutung. Sedangkan ketua, Hinsa Siburian dan pengurus lainnya hadir melalui virtual.



"RSU HKBP Balige merupakan salah satu wajah HKBP yang harus memperbaiki citranya menjadi lebih baik lagi, sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat", demikian penuturan Ompu i Ephorus dalam Fit and Proper Test kepada Kandidat Direktur AKPER dan RSU HKBP Balige. AKPER dan RSU HKBP Balige saat ini tengah menentukan Direktur yang mumpuni, baik dalam mengembangkan civitas keperawatan maupun pelayanan kesehatan di RSU HKBP Balige. Saat ini, keduanya sedang berupaya meningkatkan kualitas demi memenuhi visi HKBP: Menjadi Berkat Bagi Dunia. Sebagai bagian dari HKBP, AKPER dan RSU HKBP Balige terus menerus memperbaiki diri menjadi lebih baik, baik di kancah nasional maupun internasional.

Ompu i Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen Koinonia dan Kepala Departemen Diakonia melakukan wawancara bagi kandidat Direktur AKPER dan RSU HKBP Balige yang prosesnya diikuti semua Pengurus Yayasan Kesehatan.


Kandidat Direktur AKPER HKBP Balige berjumlah 3 orang dan Kandidat Direktur RSU HKBP Balige berjumlah 1 orang. Sesuatu yang menarik bagi pembina dikarenakan latar belakang pengalaman karir Kandidat yang beragam.


Sebelum proses sesi tanya jawab, para Kandidat memaparkan profil diri, visi dan misi yang akan dilaksanakan jika terpilih, alasan dari penentuan visi dan misi, serta memaparkan strategi jangka pendek dan jangka panjang jika terpilih sebagai Direktur AKPER HKBP Balige dan Direktur RSU HKBP Balige. 


Setelah fit and proper dilaksanakan, Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mengatakan kepada pelamar "akan dilakukan pertemuan pembina lanjutan pembina dan pengurus untuk menimbang dan menentukan siapa Kandidat terpilih untuk menjadi Direktur AKPER dan RSU HKBP Balige ini. Dan Terima kasih atas kesediaan dari seluruh pihak dalam pertemuan ini."

Pustaka Digital