"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Pelantikan Direktur Rumah Sakit Umum HKBP Balige


Hari ini,Rabu (3/3/2021) bertempat di Gereja HKBP Balige,Toba dilaksanakan pelantikan Direktur.Rumah Sakit Umum HKBP yang baru yaitu dr.Binsar Hamonangan Naibaho,M.kes. SP KKLP. Acara pelantikan diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Resort HKBP Balige, Pdt. Antoni Manurung, M.Th., sebagai liturgis, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan,MST sebagai pengkhotbah dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th., sebagai pendoa syafaat. Dalam acara ini hadir Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Marturia, Pdt. Kardi Simanjuntak, S.Th., M.Min., Ketua Yayasan Kesehatan HKBP, Letjen (Purn.) Hinsa Siburian, Ketua Pengawas Yayasan Kesehatan HKBP, Juliana Marpaung, M.Kes., Sekretaris Daerah Toba-Samosir, Drs. Audy Murphy Sitorus, S.H., M.H.

 

Dalam khotbahnya yang dikutip dari Kitab Lukas 9:2, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST menekankan tiga hal. Pertama, bahwa Yesus memanggil murid-murid-Nya, artinya bahwa Ia telah menghubungkan diri-Nya dengan para murid. Pemangillan itu merupakan anugerah Tuhan. “Oleh karena itu, dalam pemanggilan direktur di tengah-tengah kita hari ini, maka Tuhan menghubungkan diri-Nya dengan direktur. Demikian juga dengan seluruh tugas yang kita kerjakan sekarang ini.” Kedua, Yesus memberikan tenaga dan kuasa kepada murid-murid-Nya setiap kali Dia melakukan perutusan, “Artinya, “Tuhan akan menyertai dan memperlengkapi semua utusanNya. Ketiga, tugas pengutusan yang disampaikan Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya adalah memberitakan kerajaan Allah dan melakukan penyembuhan. Kehadiran Gereja dan Rumah Sakit, bertugas merealisasikan proses penyembuhan.

 

Pelantikan dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Pengurus Yayasan Kesehatan HKBP tentang pemberhentian dan pengangkatan Direktur Rumah Sakit Umum HKBP Balige oleh Sekretaris Yayasan Kesehatan HKBP, dr. Togar Siallagan, MM.,. Setelah SK dibacakan, Ketua Yayasan Kesehatan HKBP, Letjen (Purn.) Hinsa Siburian melantik Direktur Rumah Sakit HKBP Balige, dr. Binsar Hamonangan Naibaho, M.Kes., Sp. KKLP menggantikan (PLT) Direktur yang lama, dr. Nelson Siburian, MKM.

 

Seusai pelantikan, ibadah ditutup dengan doa berkat yang dilayankan oleh Sekjend HKBP, Pdt.Dr Victor Tinambunan.MST. kemudian dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan yang disampaikan oleh St.O.Pardede mewakili tokoh masyarakat, (PLT) Direktur RS Balige, dr. Nelson Siburian, Direktur RS Balige yang baru, dr. Binsar Hamonangan Naibaho,M.kes,SP.KKLP, Ketua Yayasan Kesehatan HKBP, Letjen (Purn.) Hinsa Siburian, Ketua Pengawas Yayasan Kesehatan HKBP, Dr. Juliana Marpaung, Skp., M.KP., mewakili Bupati Kabupaten Toba, oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir, Drs. Audy Murphy Sitorus, SH., MH.

 


Menutup seluruh rangkaian acara, Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menyampaikan bimbingan pastoral. Dalam bimbingannya, Ephorus menyampaikan, “Kami bersyukur karena sewaktu fit and proper test, ada satu pertanyaan yang kami setujui untuk diajukan kepada para calon direktur yaitu, “Are you enough with yourself?” (apakah kamu cukup dengan dirimu sendiri?). Saya senang karena ketiganya mengatakan, “Yes”. Begitu juga dengan direktur kita ini, dia sudah cukup dengan dirinya. Dia mau menjadi direktur bukan untuk mencari kekayaan, melainkan ia ingin melakukan yang terbaik untuk rumah sakit satu-satunya yang dimiliki HKBP. Bangkitnya RS Balige akan membuat nama kita baik di seluruh Indonesia.” Lebih lanjut lagi, Ephorus HKBP juga menyampaikan, “Kita harus selalu semangat, karena dunia ini dimiliki oleh Tuhan kita. Dia punya warga HKBP, punya mitra HKBP yang baik di dalam dan di luar negeri. Ini harus kita manfaatkan untuk membuat nama HKBP always great (selalu besar). Oleh karena itu, Ephorus HKBP menekankan gerak cepat, gerak bersama dan gaspoll. Tidak usah khawatir pak direktur, your name will always be in our prayer (namamu akan selalu ada dalam doa kami).” (B-TIK)





Pustaka Digital