"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Pelantikan Panitia Seminar Ama HKBP Regional I


 

Jumat, 30 April 2021, bertempat di Ruang Oval Kantor Pusat HKBP Pearaja-Tarutung, telah dilaksanakan pelantikan dan rapat perdana Panitia Seminar Ama HKBP Regional I, dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Dalam arahannya, Kepala Departemen Koinonia yang memimpin rapat secara virtual melalui aplikasi zoom, menegaskan bahwa pelaksanaan Seminar Ama ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap minimnya keterlibatan kaum Bapak dalam berbagai kegiatan pelayanan di jemaat, seperti, kebaktian minggu, partangiangan lingkungan, dan berbagai kegiatan gerejawi lainnya.

 

Oleh karena itu, pada Tahun Pemberdayaan 2021 yang telah ditetapkan oleh pimpinan HKBP, Departemen Koinonia HKBP melalui Biro Kategorial Ama-Lansia HKBP menyelenggarakan Seminar Ama ini sebagai suatu upaya mengajak dan mengingatkan kembali kaum Bapak akan peranan dan fungsinya sebagai ama na marsahala (bapak yang berwibawa) dengan menunjukkan peranannya sebagai pemimpin, imam, dan pengajar di tengah keluarga, demikian juga halnya di gereja dan masyarakat.



 

Rangkaian acara pelantikan Panitia Seminar Ama Regional I ini diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Kepala Biro Ibadah & Musik HKBP, Pdt. Eden Ramses Siahaan, S.Th., M.M. Sebelum pelantikan dilaksanakan,Kepala Biro Kategorial Ama-Lansia HKBP, Pdt. Herwin P. Simarmata, M.Th.,terlebih dahulu membacakan SK Panitia. Pelantikan panitia ini dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, atas nama Ephorus HKBP.

 

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan rapat perdana yang dikemas dalam bentuk saling berbagi pengalaman dan pemikiran para peserta rapat, dalam bingkai mencermati realitas yang terjadi yakni masih minimnya keikutsertaan kaum Bapak dalam pelayanan di gereja-gereja HKBP, terutama yang berada di bonapasogit. Kepala Departemen Koinonia HKBP juga menekankan pentingnya upaya peningkatan keterlibatan kaum Bapak dalam perwujudan perannya yang transformatif sebagai pemimpin, imam, dan pengajar dalam keluarga. Uupaya tersebut antara lain dilaksanakan melalui penyelenggaraan Seminar Ama ini.

 

Anggota Panitia yang hadir dalam pelantikan dan rapat perdana ini antara lain Bapak R. W. Josua Napitupulu, S.STP, M.Si., mewakili Ketua Umum KRA. Drs. Nikson Nababan, M.Si. Selain itu hadir juga Ir. Darwin Lumbangaol, M.M., Pdt. Freddy Tinambunan, S.Th., M.Si., St. Drs. Petrus Purba, St. Jetro H. Sipahutar, S.Pd.K., dan para staf serta pegawai Biro Kategorial Ama-Lansia HKBP. Sebagian peserta hadir secara virtual melalui aplikasi zoom, antara lain, Pdt. Gumontang Pasaribu, M.Th., dan Pdt. Dr. Enig Aritonang.

 

Melalui pelantikan Panitia Seminar Ama ini, Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Dr. Deonal Sinaga mengharapkan agar momen pelantikan ini menjadi langkah awal untuk menyatukan pemikiran dan kerjasama yang baik untuk mempersiapkan pelaksanaan Seminar Ama HKBP Regional I yang direncanakan dilaksanakan pada 21 Mei 2021 bertempat di Auditorium HKBP Seminarium-Sipoholon. Tuhan memberkati para Panitia Seminar Ama HKBP. (DK/BAL/HPS)