Pelatihan Data Base Sedistrik XXVIII Deboskab Bersama Balitbang HKBP

Rabu (7/4/2021), sebanyak 49 orang peserta yang terdiri dari Pimpinan Jemaat dan Sekretaris Huria sedistrik XXVIII Deboskab mengikuti Pelatihan Data Base Jemaat bekerja sama dengan Balitbang HKBP. Pelatihan data base jemaat ini sangat diperlukan untuk mengisi data jemaat dalam bangunan data base HKBP yang dibangun oleh Balitbang HKBP.


Statistisk jemaat selama ini masih berupa angka dengan rincian kategori Jumlah KK, Bapak, Ibu, Pemuda, Pemudi, Anak Sekolah Minggu Laki-laki dan Perempuan, namun belum ada informasi mengenai keterangan jemaat. Dalam bangunan data base yang dirancang oleh Balitbang, telah dilengkapi dengan keterangan yang memadai lengkap dengan persentasi. Inilah yang diharapkan diisi oleh setiap jemaat atau yang ditetapkan sebagai admin dari masing-masing jemaat.


Sampai dengan bulan April 2021, jemaat yang melengkapi data base dalam data base Balitbang HKBP di Distrik XXVIII Deboskab hanya enam resort dari total 22 resort. Selebihnya masih kosong atau belum di-input. Untuk itulah HKBP Distrik XXVIII Deboskab melaksanakan pelatihan data base yang dihadiri oleh pimpinan jemaat atau sekretaris huria atau admin yang dihunjuk oleh pimpinan jemaat. Maka diharapkan setelah pelatihan ini data Base Jemaat HKBP Distrik Deboskab dapat dilengkapi pada tahun 2021 ini. Pelaksanaan pelatihan dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting, hal ini mempermudah komunikasi dengan peserta yang ada di Depok, Bogor, Sukabumi dan Kalimantan Barat. Setiap peserta membawa laptop dan menjadi admin dari perwakilan jemaat untuk peng-input-an data. 


Dari interaksi dalam pelatihan tampak ada semangat dari semua peserta, karena pada pelatihan data base ini peserta langsung dapat login dan meng-input data jemaat masing-masing.


Terima kasih kepada Balitbang HKBP dan tim dari Kantor Pusat yaitu: Pdt. Herman Nainggolan, CPdt. Ferdinan Hutabarat, Togu Sitanggang dan Devi S., yang ikut membantu pelaksanaan pelatihan Data Base ini.


Koresponden: Pdt. Nekson M Simanjuntak, M.Th. (Praeses Distrik XXVIII Deboskab)

Pustaka Digital