"Dungi ninna Jahowa ma: “Ingkon bohingKu donganmu mardalan, asa Hutogihon ho tu hasonangan.”

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”"

Musa 33 : 14

Pelatihan Home Industry Bawang Goreng di Hutanagodang Ressort Muara oleh Biro Pembinaan-Departemen Koinonia

Dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat, HKBP melalui Biro Pembinaan–Departemen Koinonia mengadakan kegiatan Pelatihan Home Industry Bawang Goreng di HKBP Hutanagodang Resort Muara yan berlangsung mulai tanggal 01-02 November 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 31 peserta yang berasal dari Resort Muara, Resort Bakara, Resort Silalahisabungan, dan Desa Wisata Sigapiton. (1 November 2022) 




Pada hari pertama, kegiatan ini dimulai dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Leonardo Sinambela, S.Th, M.Pdk selaku Pendeta Resort HKBP Muara. Kemudian dilanjutkan laporan dari Kepala Biro Pembinaan HKBP, Pdt. Dr. Enig Aritonang, dan sambutan dari Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) yang diwakilkan oleh Bapak Giovanni O. Siboro (Staf Direktorat Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan), serta bimbingan dan arahan dari Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Dalam pembukaan ini, diadakan kegiatan penyerahan mesin produksi bawang goreng oleh Bapak Kepala Departemen Koinonia kepada ketiga Pendeta Ressort (Muara, Bakara, dan Silalahisabungan). Mesin produksi tersebut antara lain mesin perajang, sealer, spinner, dan tungku gas tekanan tinggi. 




Para peserta disuguhkan 4 (empat) sesi yang terdiri dari sesi “Pentingnya Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)” oleh Ibu Risma Panjaitan selaku Kepala Bidang Dinas Kesehatan Kabupaten Tarutung, “Pelaku UMKM Terorganisir” oleh Bapak Budianto Simatupang selaku Kepala Bagian Dinas Koperasi dan UMKM Tapanuli Utara, “Semangat Wirausaha” oleh Bapak Dedy Lumbantobing selaku Ketua Asosiasi UMKM Tapanuli Utara, dan “Digital Marketing” oleh Ibu Desi Alexsandy selaku pakar digital marketing. Pertemuan ini selanjutnya ditutup dengan ibadah malam yang dipimpin oleh CPdt. Rahmat Simanungkalit. (RM-BP) 

Pustaka Digital